Find Us On Social Media :

Berkat Artificial Intelligence, Q-Bear Bisa Terjemahkan Tangisan Bayi

By Adam Rizal, Kamis, 12 Januari 2023 | 14:00 WIB

Q-Bear

Perusahaan Taiwan Quantum Music memperkenalkan sebuah perangkat berbentuk speaker Q-Bear dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat. Q-Bear mampu menerjemahkan tangisan bayi dan sangat dibutuhkan bagi orang tua yang baru memiliki bayi di rumahnya. Dengan alat itu, orang tua bisa mengetahui apa yang diinginkan bayi.

Hebatnya, Q-bear memiliki teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI) yang mampu memahami maksud tangisan bayi. Q-bear mengkategorikan tangisan bayi dalam empat macam indeks, yaitu lapar, popoknya kotor, mengantuk atau membutuhkan kenyamanan.

Terjemahannya akan dihasilkan 10 detik sejak bayi menangis, dengan akurasi mencapai 95 persen. Selain menerjemahkan tangisan bayi, Q-bear juga diklaim mampu merekam tingkat kesehatan bayi. Misalnya seberapa tingkat kantuk bayi atau seberapa nyamannya bayi saat itu.

Desain Q-Bear terbuat dari lapisan silikon sehingga permukaannya lembut. Sekilas, desain Q-Bear memang seperti speaker yang berbentuk bulat dengan tali dan penyangga berukuran besar, sehingga bisa dipasang di tempat tidur bayi maupun stroller.