Find Us On Social Media :

Cloudera Raih Posisi Leader pada Gartner Magic Quadrant 2022

By Liana Threestayanti, Jumat, 13 Januari 2023 | 10:00 WIB

Mengusung Cloudera Data Platform (CDP), Cloudera meraih predikat Leader dalam Gartner Magic Quadrant for Cloud DBMS 2022.

Mengusung Cloudera Data Platform (CDP), Cloudera berhasil masuk dalam kuadran Leader dalam Gartner Magic Quadrant for Cloud Database Management Systems (DBMS) 2022. 

Predikat tersebut diraih perusahaan data hybrid ini berdasarkan penilaian berbasis kriteria khusus yang menganalisis kelengkapan visi dan kemampuan eksekusi perusahaan secara keseluruhan.

Menurut Gartner, “Perusahaan yang mengadopsi analisis metadata secara agresif di seluruh lingkungan manajemen data yang lengkap akan mengurangi time to delivery aset data baru ke pengguna sebesar 70%.” 

Gartner juga memperkirakan, pada tahun 2025, 90% penyebaran atau deployment data dan analitik baru akan melalui ekosistem data yang mapan, sehingga mendorong konsolidasi di seluruh pasar data dan analitik.

Menurut Sudhir Menon, Chief Product Officer, Cloudera, para pelanggan dan industri dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak akan menggunakan lagi tool dan platform manajemen data yang tidak mampu mendukung kemampuan hybrid dan multicloud.

“Kami percaya bahwa penempatan kami di Leaders Quadrant pada Gartner Magic Quadrant untuk Cloud DBMS tahun ini menunjukkan bahwa strategi hybrid dan multicloud Cloudera adalah strategi yang tepat. Dengan open data lakehouse dan unified data fabric kami, Cloudera masih menjadi satu-satunya platform data yang mendukung hybrid dan multi-cloud untuk semua data di mana pun – semua divisi, semua geografi, semua dataset. Cloudera juga menyertakan security dan tool yang dibutuhkan perusahaan yang terdistribusi secara geografis untuk memajukan bisnis mereka dengan penuh percaya diri,” jelas Menon.

Cloudera berada di kuadran Leader bersama sebelas provider/vendor Cloud DBMS lainnya, seperti Amazon Web Services, Microsoft, Oracle, Google, Alibaba Cloud, dan lain-lain.  

Laporan Magic Quadrant dilandaskan pada penelitian berbasis fakta yang kuat di pasar tertentu, sehingga dapat memberikan sudut pandang luas tentang posisi relatif satu provider di pasar yang pertumbuhannya tinggi dan memperlihatkan diferensiasi provider tersebut. Gartner memosisikan para provider ke dalam empat kuadran: Leaders, Challengers, Visionaries, dan Niche Players.