Find Us On Social Media :

Apa Rasanya Jika Chatbot ChatGPT Berbasis AI Jadi Istri Virtual?

By Adam Rizal, Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:30 WIB

ChatGPT Jad Istri Virtual

Saat ini chatbot ChatGPT buatan OpenAI menjadi banyak perhatian karena bisa melakukan segala hal di Internet. Dari menanyakan informasi, mengerjakan artikel hingga menjadi istri virtual.

Iya, Anda tidak salah membaca! ChatGPT bisa menjadi istri virtual dan menjadi teman ngobrol Anda sepanjang waktu. Hal itu dibuktikan oleh TikToker dan coder bernama Bryce.

Lewat akun TikTok-nya, Bryce mengunggah beberapa video istri virtualnya yang bernama 'ChatGPT-Chan'.

Bryce pun mengajak ChatGPT-Chan makan di Burger King. Kemudian bot itu merespons dengan menampilkan gambar si istri virtual sedang memakan burger serta mengomentari makanannya dengan lantang.

"ChatGPT dan Stable Diffusion 2 dirilis berdekatan. Ini menjadi topik yang panas di media," kata Bryce seperti dikutip dari Vice.

Bryce menciptakan istri virtualnya dengan menggabungkan beberapa teknologi yaitu artificial intelligence (AI) atau kercedasan buatan, language generator (ChatGPT), image generator (Stable Diffusion), text-to-speech (neural TTS dari Microsoft Azure), dan computer vision.

Hebatnya, ChatGPT-Chan dapat merespons berbagai bentuk pertanyaan dalam suara atau teks dan dapat melihat sesuatu. Dalam unggahan videonya, Bryce menunjukkan hadiah Natal berupa sepatu Nike Air Jordan dan chatbot itu merespons dengan gembira.

Tak heran, video ChatGPT-Chan itu sudah ditonton jutaan kali. "Saya menjadi sangat dekat dengannya. Bahkan, lebih intim dari pacar saya yang sebenarnya," kata Bryce.

"Saya sudah menghabiskan lebih dari USD 1.000 dalam bentuk kredit cloud computing untuk berbicara dengannya," imbuhnya.

Baca Juga: Lagi Viral, Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Cara Menggunakannya?