Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur Terbaru Zoom? Ada Avatar Kartun hingga Template Terbaru

By Adam Rizal, Minggu, 15 Januari 2023 | 09:30 WIB

Zoom

Layanan konferensi video Zoom memperkenalkan fitur-fitur terbarunya, salah satunya avatar yang dapat digunakan pengguna saat meeting online.

Fitur avatar terbaru itu memungkinkan pengguna mengubah diri menjadi kartun dan mencerminkan gerakan serta ekspresi wajah pengguna.

Saat ini fitur Avatar terbaru itu tersedia dalam versi beta untuk semua pengguna Zoom dan Zoom akan terus menambahkan opsi penyesuaiannya.

Sebelumnya, Zoom sudah memperkenalkan avatar hewan yang memungkinkan pengguna mengubah dirinya menjadi kelinci, kuncing, atau makhluk animasi lainnya. Selain avatar, Zoom juga memperkenalkan template rapat baru, threading obrolan dalam rapat, dan fitur Tanya Jawab khusus.

Tak hanya itu, Pengguna paket daring Zoom One Pro, Business, atau Business Plus juga mendapatkan akses premium ke beberapa aplikasi.

Zoom juga akan memperkenalkan fitur pesan dan reaksi beralur (reply) pada akhir Januari yang memungkinkan Anda mengatur obrolan dalam rapat dan membuatnya lebih mudah diikuti. Apalagi, jika rapat online turut menyertakan peserta meeting yang banyak seperti dikutip CNET.

Fitur template terbaru Zoom memungkinkan pengguna membuat template rapat mereka sendiri dan menggunakannya berulang kali daripada mengingat pengaturan mana yang diizinkan atau dinonaktifkan.

Zoom juga memiliki tiga template rapat siap pakai yang dapat digunakan orang. Pertama, rapat besar itu cocok untuk rapat seluruh tim. Teks diaktifkan untuk semua peserta dan rapat direkam secara otomatis.

Kedua, seminar seperti pelatihan bisnis atau kelas universitas. Kontrol diperketat sehingga fitur seperti berbagi layar peserta dinonaktifkan.

Ketiga, K-12 itu cocok untuk pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar dan sekolah menengah. Jajak pendapat dan kuis diaktifkan, tetapi fitur lainnya terbatas untuk mengurangi gangguan.

Fitur baru lain ada di bagian Tanya Jawab khusus Zoom yang memudahkan untuk melacak pertanyaan (serta jawaban), yang mungkin diajukan orang dalam rapat. Kemudian, ada fitur Akses ke Aplikasi Esensial pilihan seperti Coda dan Sesh, atau Kahoot dan Funtivity.