Find Us On Social Media :

Alasan Apple dan Facebook Bukan Lagi Menjadi Tempat Kerja Terbaik

By Adam Rizal, Senin, 16 Januari 2023 | 10:00 WIB

Apple Resmikan Apple Store Ke-2 di Bandara Changi, Singapura

Glassdoor baru saja melaporkan daftar 100 Best Places to Work tahun 2023 yang mengungkapkan perusahaan tempat kerja terbaik di Amerika Serikat (AS). Yang menarik, tidak ada Apple dan Meta dalam laporan tersebut.

Hal itu cukup mengherankan mengingat Apple dan Meta adalah perusahaan teknologi terbaik yang menjanjikan banyak penghasilan dan menjadi incaran banyak pencari kerja di dunia.

Sebagai perbandingan, Meta berada di peringkat 47 pada tahun lalu, turun signifikan dari peringkat 11 pada 2021. Sedangkan, Apple menduduki peringkat 56 tahun lalu, turun dari peringkat 31 pada 2021.

Lead Economist Glassdoor Daniel Zhao mengatakan absennya Apple dan Meta dari daftar tempat kerja terbaik tahun ini cukup mengagetkan karena kedua perusahaan itu selalu hadir di dalam beberapa tahun sebelumnya.

"Apple selalu masuk dalam daftar ini selama 15 tahun terakhir, sejak daftar ini dimulai. Mereka hanya turun sedikit karena daftarnya lebih kompetitif tahun ini," kata Zhao seperti dikutip dari CNBC.

Glassdoor menganalisis ulasan anonim yang diunggah oleh karyawan di platform miliknya dan mempertimbangkan ratusan ribu perusahaan yang memiliki 1.000 karyawan atau lebih antara 19 Oktober 2021 dan 17 Oktober 2022.

Penyebab

Lantas apa yang membuat Meta dan Apple bukanlah tempat kerja terbaik di industri? Zhao memperkirakan kebijakan kembali ke kantor mendapatkan respons beragam dari karyawan dan kebanyakan mereka kurang setuju.

Sedangkan Meta telah melakukam PHK skala besar yang berdampak pada 11.000 karyawan.

Meski tidak lagi diisi oleh Apple dan Meta, daftar 100 tempat kerja terbaik masih diisi oleh banyak perusahaan teknologi seperti Nvidia di peringkat lima, Google di peringkat delapan, Microsoft di peringkat 13, dan LinkedIn di peringkat 19.