Find Us On Social Media :

Sistem Komputer FAA Eror, Semua Penerbangan AS Batal Terbang

By Adam Rizal, Senin, 16 Januari 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi Pesawat Mendarat

Lembaga Administrasi Penerbangan Federal (FAA) terpaksa menghentikan semua keberangkatan penerbangan di Amerika Serikat (AS) dan menyebabkan ribuan penundaan serta pembatalan tiket penerbangan.

Ternyata, penyebab masalah itu adalah erornya sistem komputer FAA karena adanya file data yang rusak. FAA terpaksa menghentikan semua keberangkatan penerbangan selama kira-kira 90 menit pada Rabu pagi.

"Kerusakan file komputer memicu pemadaman sistem komputer FAA dan mengirimkan pemberitahuan keselamatan kepada pilot," kata FAA seperti dilansir Al Arabiya.

Asal muasal kekacauan itu adalah ada dua orang yang bekerja sebagai kontraktor melakukan kesalahan dalam memproses data inti yang digunakan pada sistem Notice to Air Missions (Notam)

Notam akan mengirimkan notifikasi kepada pilot tentang kondisi kritis keselamatan di bandara dan area lain yang mungkin dilintasi pesawat, termasuk memberi peringatan tentang aktivitas burung hingga konstruksi landasan pacu. Sistem komputer Notam diketahui sudah berumur 30 tahun.

FAA memastikan data sistem komputer tidak dirusak dan akan menginvestigasi apakah kedua orang tersebut membuat perubahan secara tidak sengaja atau disengaja. FAA berkomitmen mencegah kegagalan seperti itu terulang di masa mendatang.