Find Us On Social Media :

Program Google Ini Tingkatkan Peluang Karier TI, Ini Kata Alumninya

By Liana Threestayanti, Jumat, 20 Januari 2023 | 11:30 WIB

Ingin berkarier di bidang teknologi informasi (TI) tapi tidak memiliki latar belakang pendidikan TI? Google Career Certificates bisa menjadi solusi. (Ilustrasi developer atau pengembang aplikasi)

Ingin berkarier di bidang teknologi informasi (TI) tapi tidak memiliki latar belakang pendidikan TI? Google Career Certificates bisa menjadi solusi.

Google Career Certificates merupakan program yang diselenggarakan oleh Google.org bekerja sama dengan sejumlah institusi. Program ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan teoritis dan praktis, sehingga peluang kerja di industri TI semakin terbuka lebar. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan keterampilan pemecahan masalah kehidupan nyata dan menjadi talenta siap kerja.

Google Career Certificates (GCC) diperkenalkan pada bulan November 2021 lalu. Kemudian di tahun berikutnya, Google meluncurkan sertifikasi IT Support Certificate dan Data Analytics, serta beberapa sertifikasi terbaru, seperti UX Design, yang telah tersedia dan Project Management yang akan hadir di tahun 2023 ini melalui platform Coursera.

Menurut keterangan Google, program GCC ini telah meluluskan lebih dari 20.000 peserta di Indonesia. 

Apa kata para peserta tentang program ini. Simak pengalaman empat alumni GCC berikut yang mengikuti program dari INCO Academy - Work in Tech bermitra dengan Plan Indonesia dan didukung sepenuhnya oleh Google.org, 

Adi Juniar H. asal Bandung, Jawa Barat, di program GCC ini berkesempatan belajar Hal teknis seperti fundamental hardware & software komputer, dan cloud computing. Ia juga mempelajari  Google IT Support  yang terdiri dari pengetahuan seputar network, cyber security, dan system administrator. Di samping itu Adi juga memperoleh keterampilan mengelola waktu. Setelah menyelesaikan program, Adi bisa melakukan troubleshooting dan merakit komputer sendiri.

Alumni lainnya adalah Anggi Ambarwati yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Anggi mengikuti pelatihan IT Support sambil mencari pekerjaan melalui beberapa aplikasi pencari kerja. Ia berhasil mendapatkan sertifikat di tanggal 12 Juni 2022, dan di tanggal 15 Juni 2022, Anggi langsung mendapat panggilan wawancara dan technical test dari 3 perusahaan di kota yang berbeda. Yang menarik, Anggi dinyatakan lolos di ketiga perusahaan tersebut. Namun akhirnya Anggi memilih bergabung dengan PT Doran Sukses Indonesia di Surabaya, dan bekerja sebagai web developer.

Lain lagi pengalaman Kevin Oktavianov Abdurohman, peserta GCC asal Bandung, Jawa Barat. 

Menurut Kevin, banyak manfaat yang ia rasakan dari program GCC ini . Pertama, Kevin mengaku dapat mengenal teman-teman lebih banyak lagi dari program Work in Tech dari INCO. Ia juga belajar mengenai manajemen dan komitmen waktu karena harus menyelesaikan course dalam waktu yang terbatas.

Lalu, yang paling penting adalah mendapatkan banyak ilmu baru terutama di bidang teknis. Sertifikat yang diperoleh membuat ia lebih dilirik oleh recruiter dari perusahaan-perusahaan. Dengan pengetahuan dasar tentang IT Support, dia juga mendapat gambaran bagaimana harus berinteraksi dengan user dan lainnya.

Sementara Kumala Noor Anggraeni yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur mengaku sangat antusias mengikuti program GCC ini karena memang selalu memiliki keinginan mempelajari TI. Padahal Kumala adalah lulusan S1 Pendidikan Matematika. 

Menurut Kumala, modul pelajaran yang ia dapatkan di GCC sangat ramah pemula, termasuk untuk peserta seperti dirinya yang tidak memiliki latar belakang TI, Pelatihan ini juga mendorong Kumala meningkatkan kemampuan softskill dengan berbagai kiat yang ia rasa dapat membantunya terjun di dunia kerja.