Find Us On Social Media :

LG Kedepankan Tiga Seri Baru TV OLED untuk Tahun 2023

By Cakrawala, Senin, 23 Januari 2023 | 10:00 WIB

LG Electronics mengedepankan tiga seri baru TV OLED untuk tahun 2023, yakni Z3, G3, dan C3 OLED evo. Ketiganya telah dipamerkan pada ajang CES 2023 lalu.

LG Electronics awal tahun ini di Las Vegas mengenalkan dan mengedepankan sejumlah seri baru TV OLED untuk tahun 2023. Terdapat tiga seri baru TV OLED yang dikedepankan LG, yakni Z3, G3, dan C3 OLED evo. LG menambahkan ketiga seri tersebut akan menjadi ujung tombak lini TV OLED-nya untuk tahun 2023 di dunia. Ketiganya pun telah dipamerkan pada ajang CES 2023 lalu.

Sebagai yang baru, ketiga seri TV OLED yang dikedepankan LG tersebut menawarkan beberapa peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Terdapat tiga penigkatan yang diangkat oleh LG. Adapun tiga peningkatan yang diklaim ditawarkan seri baru TV OLED LG yang dimaksud dari TV OLED LG tahun lalu yang digantikannya adalah kecerahan, akurasi warna, serta detail yang lebih baik. LG Mengatakan peningkatan itu dimungkinkan prosesor α9 Gen6 dan panel OLED evo.

Mendukung AI (artificial intelligence) seperti sebelumnya, LG menjelaskan bahwa prosesor α9 Gen6 menawarkan peningkatan pada sisi gambar dan suara dibandingkan α9 Gen5. Peningkatan pada sisi suara alias audio, prosesor α9 Gen6 diklaim menghadirkan peningkatan berupa kemampuan untuk memperdengarkan audio dengan 9.1.2 kanal.

Sementara, peningkatan pada sisi gambar, ada pada AI Picture Pro. Fitur ini sendiri merupakan fitur unggulan keluarga prosesor andalan LG untuk TV kelas atasnya itu. AI Picture Pro pada prosesor α9 Gen6 diklaim menawarkan peningkatan pada dynamic tone mapping yang bisa memunculkan kedalaman dan detail pada tiap frame gambar. AI Picture Pro tersebut juga mengintegrasikan teknologi pemrosesan warna yang bisa mendeteksi dan meningkatkan objek penting, seperti wajah manusia, untuk memberinya kualitas gambar seperti HDR (high dynamic range).

Adapun sehubungan panel, LG menyebutkan peningkatan signifikan ada pada seri C3 dengan OLED evo. Seperti yang dituliskan di sini, OLED evo menawarkan kecerahan yang lebih baik dari OLED. LG melengkapi seri C3 OLED evo dengan Brightness Booster Max. Menggabungkan arsitektur kontrol cahaya dan algoritma peningkatan pencahayaan, Brightness Booster Max diklaim bisa meningkatkan kecerahan sampai 70%.

Tak hanya gambar dan suara, LG menjanjikan pula para seri baru TV OLED-nya tersebut menghadirkan lebih banyak fitur yang terpersonalisasi. Pengalaman penggunaan yang lebih terpersonalisasi ini ditawarkan melalui webOS sebagai platform TV pintar LG. Salah satunya dengan keberadaan All New Home yang menawarkan antarmuka dengan fleksibilitas tinggi untuk personalisasi. Tentunya webOS yang dipakai para seri baru TV OLED LG bersangkutan adalah yang terkini.

Selain itu, webOS pada seri baru TV OLED LG yang dimaksud juga memiliki fitur Quick Cards. Fitur ini ditujukan untuk mempercepat pengguna mengakses berbagai fitur lain dan tayangan favorit yang terbagi dalam sejumlah kategori, seperti Home, Office, Gaming, Music, dan Sports. webOS terbaru yang digunakan juga mampu memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pengguna berdasarkan kebiasaan menontonnya.

Begitu pula AI Concierge. LG mengatakan AI Concierge bisa mengkurasi berbagai konten pilihan yang dikumpulkan webOS berdasarkan penggunaan dan pencarian yang dilakukan pengguna. Dari data yang dikumpulkan, seri baru TV OLED LG yang dikedepankan mampu memberikan konten pilihan yang dinilai tepat bagi pengguna.

LG pun memastikan seri baru TV OLED-nya itu bakal lebih ramah lingkungan. LG menjelaskan tanpa adanya jajaran LED untuk backlight, penggunaan material menjadi lebih sedikit. LG juga mengeklaim menggunakan banyak material plastik daur ulang. Kemasannya pun, LG menegaskan menggunakan bahan ramah lingkungan dengan pencetakan menggunakan satu warna.