Find Us On Social Media :

Modalku Bekerja Sama dengan Ninja Xpress untuk Dukung UMKM Indonesia

By Cakrawala, Rabu, 25 Januari 2023 | 15:00 WIB

Arthur Adisusanto (Head of Growth Modalku) berfoto bersama M Andhithaurik Putera (Vice President Ninja Direct) di sela-sela penandatangan kerja sama Modalku dengan Ninja Xpress. Melalui kolaborasi ini produktivitas UMKM Indonesia yang tergabung dalam Ninja Direct diharapkan bisa meningkat.

Modalku hari ini di Jakarta menyampaikan resmi menjalin kerja sama dengan Ninja Xpress untuk mendukung produktivitas UMKM Indonesia. Secara spesifik, melalui kolaborasi ini, Modalku memberikan fasilitas pendanaan bagi UMKM yang tergabung dalam Ninja Direct. Modalku memang merupakan platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM dengan pemberi dana, sedangkan Ninja Direct adalah layanan satu pintu pengadaan barang dan bahan baku dari luar negeri untuk pelaku UMKM Indonesia dari Ninja Xpress. Kerja sama Modalku dan Ninja Xpress bersangkutan diharapkan menjadi solusi bagi para UMKM di tanah air yang mengalami keterbatasan dana dalam proses impor barang.

“Modalku terus konsisten melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak di berbagai industri untuk memperbesar ekosistem layanan serta memperluas jangkauan ke lebih banyak segmen UMKM. Kami melihat bahwa para pelaku UMKM yang membeli bahan baku impor masih banyak yang membutuhkan fasilitas alternatif pendanaan. Oleh karena itu, Modalku berinisiatif untuk menjalankan kolaborasi dengan Ninja Direct, karena pertumbuhan bisnis Ninja Direct menunjukan tren yang positif. Kami juga melihat adanya kesamaan visi antara Modalku dengan Ninja Direct yakni memberdayakan dan mendukung keberhasilan bisnis UMKM, salah satunya dengan memiliki arus kas yang lancar serta didukung dengan akses untuk mendapatkan pendanaan yang mudah,” ujar Arthur Adisusanto (Head of Growth Modalku).

“Dengan adanya kerja sama dengan Modalku, langkah kami dalam mendukung daya tahan dan produktivitas UMKM di Indonesia di tengah situasi ekonomi saat ini menjadi lebih mudah. Kami memahami, bahwa dalam menyediakan bahan baku dari luar negeri, UMKM membutuhkan dana yang cukup besar. Harapannya, melalui kerja sama dengan Modalku, UMKM dapat fokus meningkatkan produktivitas dan kualitas produk barang tanpa perlu mengalami kendala dalam mencari tambahan modal untuk membeli bahan baku dari luar negeri,” kata M Andhithaurik Putera (Vice President Ninja Direct).

Modalku mengatakan kendala yang sering dialami oleh UMKM yang tergabung dalam Ninja Direct adalah mendapatkan akses pendanaan yang cukup untuk mengembangkan bisnis mereka, seperti untuk membeli bahan baku dari luar negeri maupun menambah stok barang. Berkat kolaborasi Modalku dan Ninja Xpress, para pelaku UMKM yang tergabung dalam Ninja Direct tersebut bisa mendapatkan pendanaan tanpa agunan dengan tenor sampai 45 hari. Modalku menambahkan bahwa saat ini penyaluran pendanaan fokus di pulau Jawa. Pasalnya, hampir sebagian besar pelaku UMKM yang terdaftar dalam Ninja Direct berasal dari pulau Jawa, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Adapun UMKM yang tergabung dalam Ninja Direct, disebutkan Ninja Xpress umumnya bergerak pada sektor perdagangan. Mereka mengimpor bahan-bahan baku yang kemudian diolah menjadi produk-produk seperti fesyen, elektronik, serta home and living. Bahan baku fesyen merupakan salah satu kebutuhan utama yang sering diimpor berhubung tren pasar yang terus berubah. Kemudian bahan baku elektronik, seperti aneka komponen elektronik, karena harga di pasar domestik cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan harga di pasar internasional. Sementara, bahan baku home and living juga sering diimpor berhubung banyak yang tertarik dengan barang-barang kebutuhan rumah yang unik dan berkualitas.

Ninja Xpress pun menegaskan bahwa Ninja Direct menawarkan layanan satu pintu pengadaan bahan baku yang aman, mudah, dan menguntungkan dengan pilihan skema dan sistem yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan UMKM. Ninja Direct juga memiliki jaringan pemasok yang besar di beberapa negara sehingga dapat membantu para UMKM dalam mencari berbagai jenis bahan baku berkualitas dengan harga yang kompetitif. Ninja Direct bisa membantu UMKM sehubungan impor bahan baku untuk bisnisnya dan kerja sama dengan Modalku diharapkan bisa meningkatkan produktivitas bisnis para UMKM yang tergabung dalam Ninja Direct tersebut.