Find Us On Social Media :

TrendForce: Pengapalan Server Global Bertumbuh Hanya Sedikit Tahun Ini

By Cakrawala, Kamis, 2 Februari 2023 | 19:00 WIB

TrendForce memperbarui prediksinya akan pertumbuhan pengapalan server global untuk tahun 2023 sehingga jadi bertumbuh hanya sedikit.

TrendForce beberapa hari lalu memperbarui prediksinya akan pertumbuhan pengapalan server global untuk tahun 2023. Pembaruan terkini dari TrendForce menyatakan pertumbuhan pengapalan server global untuk tahun 2023 lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Berdasarkan yang terbaru, TrendForce memprediksikan pengapalan server global bertumbuh hanya sedikit tahun ini.

Akhir November lalu TrendForce memperkirakan pertumbuhan pengapalan server di dunia akan sekitar 2,8% untuk tahun 2023 dibandingkan tahun 2022. Proyeksi pertumbuhan pengapalan server di dunia itu pun sebenarnya hasil perbaikan dari proyeksi sebelumnya yang mencapai 3,7%. Pada prediksi terkini, TrendForce memperkirakan pertumbuhan pengapalan server global untuk tahun 2023 adalah sekitar 1,87% dibandingkan tahun 2022.

Makin rendahnya prediksi TrendForce yang dimaksud disebutkan didorong oleh menurunnya prediksi akan pertumbuhan pengadaan server oleh para penyedia layanan cloud besar di Amerika Utara pada tahun 2023. Sebelumnya, pertumbuhan pengadaan server oleh empat penyedia layanan cloud besar di Amerika Utara pada tahun ini diperkirakan sebesar 6,9% dibandingkan tahun lalu. Kini, perkiraan tersebut menjadi 4,4%.

TrendForce mengatakan penyebab berkurangnya proyeksi permintaan server oleh keempat penyedia layanan cloud besar di Amerika Utara tersebut adalah berkat ketidakpastian ekonomi global. Ekonomi dunia saat ini memang sedang melambat, bahkan sebagian pihak menilai ekonomi global tahun 2023 sangat dekat untuk jatuh ke dalam resesi.

Adapun keempat penyedia layanan cloud besar di Amerika Utara yang dimaksud adalah AWS, Microsoft, Google, dan Meta. Dari keempatnya, Meta yang prediksi terkini pertumbuhan pengadaan server pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022-nya mengalami penurunan terbesar dibandingkan prediksi sebelumnya. Menurut TrendForce, Meta yang sebelumnya pertumbuhan pengadaan server pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022-nya diproyeksikan -0,5%, kini diproyeksikan menjadi -3%.

Sementara, ketiga lainnya tetap positif, hanya lebih rendah. AWS kini prediksi pertumbuhan pengadaan server pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022-nya menjadi 6,2% dari sebelumnya 7,8%, Microsoft menjadi 13,4% dari sebelumnya 16,9%, sedangkan Google menjadi 5,2% dari sebelumnya 7,5%. TrendForce pun menyebutkan proyeksi terkininya bersangkutan bisa saja mengalami koreksi lagi dalam artian mengalami penurunan kembali.