Find Us On Social Media :

IDC: Pengapalan Komputer Tablet dan Chromebook Menurun Tahun Lalu

By Cakrawala, Selasa, 7 Februari 2023 | 22:00 WIB

IDC menyampaikan bahwa pengapalan komputer tablet dan Chromebook di dunia mengalami penurunan pada tahun 2022 lalu.

IDC akhir minggu lalu menyampaikan bahwa pengapalan komputer tablet dan Chromebook di dunia mengalami penurunan pada tahun 2022 lalu. Dari keduanya, IDC menyebutkan Chromebook yang mengalami penurunan lebih besar. Bahkan, pengapalan Chromebook secara global pada tahun 2022 mengalami penurunan yang tajam dibandingkan tahun 2021. Adapun pengapalan komputer tablet secara global hanya menurun sedikit pada tahun lalu dibandingkan dua tahun lalu. Sebelumnya, pada tahun 2021, baik pengapalan Chromebook maupun pegapalan komputer tablet, keduanya mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun 2020.

Ekonomi yang melambat menjadi salah satu faktor dalam penurunan pengapalan komputer tablet dan Chromebook di dunia pada tahun 2022. Lagi pula, pandemi COVID-19 telah mendorong pertumbuhan secara global, khususnya Chromebook, yang sangat tinggi pada tahun 2021. Seperti yang dituliskan di sini, selesainya ledakan yang diakibatkan pandemi COVID-19 membuat pengapalan PC tradisional di dunia pada tahun 2022 menurun signifikan dibandingkan tahun 2021. Sedikit banyak hal serupa juga menjadi faktor, khususnya untuk Chromebook.

Berdasarkan data awal IDC Worldwide Quarterly Personal Computing Device Tracker, pengapalan komputer tablet secara global pada kuartal keempat tahun 2022 bertumbuh sekitar 0,3% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2021. Hal itu membuat pengapalan komputer tablet di dunia sepanjang tahun 2022 menurun sebesar 3,3% dibandingkan sepanjang tahun 2021. Adapun jumlah komputer tablet yang dikapalkan sepanjang tahun 2022 di dunia adalah 162,8 juta unit.

"Kita sekarang berada di tengah-tengahn perubahan dinamika pasar. Meskipun keterjangkauan dan kemudahan penggunaan akan terus menjadi menjadi sebagian dari penggerak utama yang dipertahankan pasar, para konsumen juga mulai mengevaluasi pentingnya aneka perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi dalam menentukan pembelian. Sebagai hasilnya, para vendor akan perlu untuk berfokus mengevolusi portofolio komputer tablet mereka," kata Anuroopa Nataraj (analis penelitian senior pada IDC Mobility and Consumer Device Trackers). "Dalam lingkungan yang berubah ini, adalah perlu untuk para vendor untuk memikirkan kembali portofolio mereka untuk memenuhi keinginan para consumer, [sektor] edukasi, dan perusahaan sebagai usaha untuk mendorong permintaan," tambahnya.

Sementara, untuk Chromebook, berdasarkan data IDC, pengapalan Chromebook secara global pada kuartal keempat tahun 2022 menurun sebesar 24,3% dibandingkan kuartal keempat tahun sebelumnya. Pengapalan Chromebook pada tahun 2022 secara keseluruhan sendiri menurun lebih besar lagi dibandingkan tahun 2021 secara keseluruhan. Pengapalan Chromebook di dunia pada tahun 2022 tersebut menurun sekitar 48% dibandingkan tahun 2021 dengan jumlah Chromebook yang dikapalkan sebanyak 19,2 juta unit.

"Walau Chromebook telah menghadapi beberapa kuartal yang berat, inventori kanal berlebih yang telah terkumpul kini mulai berkurang dan mungkin memiliki potensi yang berujung pada pertumbahan yang lebih normal pada kuartal-kuartal yang akan datang sejalan dengan musim kembali ke sekolah hadir lagi," sebut Jitesh Ubrani (manajer penelitian pada IDC Mobility and Consumer Device Trackers). "Namun, traksi apapun yang Chromebook buat di luar sektor edukasi akan terus mengalami hambatan sejalan dengan ekonomi yang tidak bergerak maju serta komputer tablet dan PC menggantikan perangkat berbasis Chrome," imbuhnya.

Adapun lima vendor komputer tablet dengan pangsa pasar global terbesar pada tahun 2022 adalah Apple, Samsung, Amazon.com, Lenovo, dan Huawei. Pangsa pasar masing-masing dari kelima vendor teratas itu adalah 38,0%, 18,6%, 9,8%, 7,1%, dan 5,6%. Sementara, lima vendor Chromebook dengan pangsa pasar global terbesar pada tahun 2022 adalah Acer Group, Dell Technologies, Lenovo, HP Inc., dan ASUS. Pangsa pasar masing-masing dari kelima vendor teratas tersebut adalah 22,0%, 21,3%, 19,5%, 18,4%, dan 6,8%. Lebih jelasnya mengenai vendor komputer tablet dan vendor Chromebook yang teratas pada tahun 2022 bersangkutan bisa dilihat pada Tabel 1 dan Tabel 2.

Tabel 1. lima vendor komputer tablet dengan pangsa pasar global terbesar pada tahun 2022 menurut IDC (untuk jumlah unit yang dikapalkan adalah dalam juta).

Tabel 2. lima vendor Chromebook dengan pangsa pasar global terbesar pada tahun 2022 menurut IDC (untuk jumlah unit yang dikapalkan adalah dalam juta).