Find Us On Social Media :

Melalui Aiven, Apache Flink Kini Tersedia di Platform Cloud Utama

By Liana Threestayanti, Jumat, 10 Februari 2023 | 12:39 WIB

Penyedia platform data open source di cloud, Aiven mengumumkan ketersediaan layanan fully-managed Aiven for Apache Flink®.

Penyedia platform data open source di cloud, Aiven mengumumkan ketersediaan layanan fully-managed Aiven for Apache Flink®

Ketersediaan ini menjadikannya sebagai layanan terkelola Apache Flink® pertama yang dapat dijalankan di cloud pilihan pengguna, yang mencakup tiga penyedia layanan cloud utama, yakni AWS, Google Cloud, dan Microsoft Azure.

Penambahan Aiven for Apache Flink juga semakin melengkapi ekosistem streaming open source Aiven. Ekosistem ini terintegrasi dengan Aiven for Apache Kafka® sehingga dapat memenuhi sebagian besar skenario aplikasi data real time serta menghadirkan infrastruktur streaming yang kuat, dapat ditingkatkan, dan siap digunakan secara intensif di cloud pilihan pengguna.

“Memiliki penawaran Apache Flink yang siap digunakan secara intensif merupakan sebuah pencapaian yang signifikan untuk keperluan pemrosesan data real-time yang meningkatkan insight bisnis. Dengan Aiven for Apache Flink para pengembang memiliki teknologi-teknologi open source terbaik untuk menjadi produktif dan membuat hidup mereka jadi lebih mudah," kata Jonah Kowall, Vice President of Product Management, Aiven. 

Menurutnya, Aiven for Apache Flink ibarat perekat dan kecerdasan yang mengikat kemampuan platform Apache Kafka® dengan database yang populer, seperti PostgreSQL dan OpenSearch. Jonah bahkan menyebut akan ada lebih banyak integrasi dengan database lainnya setiap minggunya.

“Pengalaman kami dapat menghadirkan infrastruktur data streaming cloud yang tangguh, dapat ditingkatkan, dan mudah dimigrasikan serta dikelola di seluruh vendor cloud melalui konsol Aiven,” imbuhnya. 

Inilah yang ditawarkan Aiven melalui Aiven for Apache Flink:

Dalam rilisnya, Aiven juga menyebutkan bahwa Apache Flink sendiri menjadi teknologi dasar dalam pemrosesan stream di platform Aiven yang dikelola dan dikontrol melalui konsol Aiven, API, dan CLI untuk mendorong programmatic stream processing yang sesuai kebutuhan. 

“Apache Flink tidak hanya melengkapi ekosistem streaming open source Aiven untuk Apache Kafka tetapi juga membuat Aiven selangkah lebih dekat untuk dapat menyediakan data cloud platform yang dapat memudahkan integrasi dan pemrosesan data real-time bagi para pengembang dan data engineer,” tulis Aiven dalam rilisnya.