Find Us On Social Media :

GrabMaps Tawarkan Data Pemetaan Asia Tenggara bagi Pengguna AWS

By Cakrawala, Jumat, 10 Februari 2023 | 23:55 WIB

Grab menyampaikan perihal bergabungnya GrabMaps sebagai penyedia data untuk Amazon Location Service dari AWS. Terlihat ilustrasi dari GrabMaps yang diklaim memiliki data pemetaan Asia Tenggara berkualitas tinggi yang tersedia bagi para pengguna AWS yang memanfaatkan Amazon Location Service.

Grab kemarin di Singapura menyampaikan perihal bergabungnya GrabMaps sebagai penyedia data untuk Amazon Location Service dari AWS (Amazon Web Services). Dengan bergabungnya GrabMaps, pengembang yang menggunakan Amazon Location Service kini bisa memanfaatkan data pemetaan yang dimiliki GrabMaps. Amazon Location Service sendiri diklaim AWS sebagai layanan berbasis lokasi yang bisa digunakan oleh para pengembang aplikasi untuk menambahkan data geospasial dan fungsi-fungsi lokasi pada aneka aplikasi tanpa mengorbankan cyber security dan privasi.

Memanfaatkan Amazon Location Service, AWS menyebutkan para pengembang aplikasi — dus organisasi — bisa dengan mudah menambahkan seperti peta, POI (points of interest), perutean alias routing, pelacakan, dan geofencing pada berbagai aplikasi. Bergabungnya GrabMaps menambah data pemetaan yang bisa dipakai para pengembang tersebut. Grab mengeklaim GrabMaps memberikan akses ke data pemetaan regional berkualitas tinggi yang mencakup lebih dari 50 juta alamat dan POI di Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

“GrabMaps menawarkan gambaran Asia Tenggara yang unik, dengan data dan fungsionalitas yang luar biasa dalam hal kemutakhiran, cakupan dan akurasi. Kami senang dapat berkolaborasi dengan infrastruktur kelas dunia seperti AWS untuk berbagi kapabilitas kami dengan perusahaan lain, dan membantu mereka membangun layanan serta aplikasi, yang kami harap, dapat melayani para penduduk Asia Tenggara dengan lebih baik,” ujar Philipp Kandal (Chief Product Officer Grab).

“Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Asia Tenggara, sangatlah penting untuk memiliki akses ke data pemetaan yang akurat dan hemat biaya dalam menunjang kegiatan operasional yang efektif pada sektor e-commerce, transportasi dan logistik. Integrasi GrabMaps ke dalam Amazon Location Service kini menyajikan data pemetaan yang terkini dan terlokalisasi di seluruh Asia Tenggara bagi para pelanggan AWS dan konsumen akhir mereka,” kata Conor McNamara (Managing Director AWS ASEAN).

Grab menekankan bahwa banyak organisasi dari berbagai sektor industri serta lembaga-lembaga pemerintahan yang memerlukan layanan berbasis lokasi untuk aneka aplikasi. Bergabungnya GrabMaps sebagai penyedia data untuk Amazon Location Service diyakini membuat para organisasi bersangkutan bisa menjawab kebutuhan tersebut dengan lebih baik, termasuk menciptakan aplikasi-aplikasi mereka sendiri yang mendukung pemetaan lokasi memanfaatkan GrabMaps.

Grab menambahkan para pengguna AWS yang memakai Amazon Location Service dan memanfaatkan GrabMaps dapat menampilkan data terbaru yang diinginkan pada peta lokal serta dapat juga menggunakan kotak pencarian untuk langsung menemukan alamat konsumennya serta POI secara akurat. Mereka bisa pula menambahkan perencanaan dan optimalisasi rute ke dalam aplikasi mereka, menggunakan informasi lalu lintas dan jaringan jalan GrabMaps yang terkini.

Para pengguna yang dimaksud bisa memperhitungkan rute tercepat dan memberikan perkiraan waktu ketibaan yang akurat dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Beberapa faktor itu seperti moda transportasi, kondisi nyata lalu lintas, dan waktu keberangkatan. Begitu juga aneka opsi seperti menghindari jalan bebas hambatan, rute kapal feri, maupun jalan arteri.

Salah satu organisasi yang menggunakan Amazon Location Service dan telah merasakan manfaat dari GrabMaps adalah Luce SG. Luce SG adalah platform yang menyediakan aneka layanan sehubungan rumah, seperti pembersihan rumah dan servis AC (air conditioner). Pemesanan bisa dilakukan melalui situsnya maupun aplikasi.

“Saat kami berekspansi ke Indonesia dan Filipina, sulit bagi kami untuk mendapatkan data peta dan perutean yang dapat diandalkan ketika kami harus mengirim staf layanan kami ke lapangan, terutama mengingat banyaknya jalan-jalan yang tidak resmi di berbagai wilayah di kedua negara ini. Peta Amazon Location Service dan data perutean yang didukung oleh GrabMaps merupakan salah satu yang paling akurat di kawasan ini, dan hal ini memungkinkan operasional yang lebih efisien bagi pelanggan kami serta meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Dengan berbekal Amazon Location Service dan GrabMaps, kami yakin dapat memberikan layanan tepat waktu yang konsisten di setiap kawasan di mana kami beroperasi, termasuk di luar Singapura,” pungkas Jason Zhang (Direktur Luce SG).