Find Us On Social Media :

Dukung Penjual Daring, GoSend Hadirkan Aneka Inisiatif via Komunitas 'Best Seller GoSend'

By Cakrawala, Rabu, 22 Februari 2023 | 22:30 WIB

GoSend menegaskan komitmennya untuk terus mendukung para penjual daring alias online seller antara lain melalui komunitas 'Best Seller GoSend'. Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; kiri), Theresia Nadya (Head of Marketing Logistics Gojek; kedua dari kiri), dan Ariel Noah (Brand Ambassador GoSend) berfoto bersama usai penegasan GoSend tersebut belum lama ini di Jakarta.

GoSend beberapa waktu lalu di Jakarta menegaskan komitmennya untuk terus mendukung para penjual daring alias online seller di Indonesia. Tak sekadar membantu perihal pengiriman fisik produk yang dibeli, GoSend melalui komunitas “Best Seller GoSend” juga membantu mereka — para penjual daring pada khususnya dan para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) pada umumnya — yang bergabung untuk mendapatkan berbagai macam dukungan bisnis. Dengannya, para penjual daring anggota komunitas Best Seller GoSend bisa meningkatkan bisnisnya maupun lebih siap menghadapi tantangan.

Selain bisa meningkatkan bisnis GoSend, makin baiknya bisnis para penjual daring maupun UMKM di tanah air pun membuat ekonomi Indonesia makin bagus. UMKM di tanah air memang berkontribusi besar terhadap PDB (produk domestik bruto) dan penyerapan tenaga kerja Indonesia. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tahun 2022 lalu mengatakan UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61% dan menyerap tenaga kerja sebanyak 97%.

“Bukan hanya karena layanannya saja, tapi banyak banget inisiatif yang sudah kita lakukan untuk para seller gitu. Jadi, salah satunya adalah ya komunitas Best Seller GoSend ini gitu. Komunitas Best Seller GoSend ini banyak banget inisiatif yang sudah kita lakukan di 2022 kemarin, di antaranya adalah program pelatihan. Kita kerja sama bareng sama pemerintah juga dan juga sama keluarga Tokopedia. Habis itu kita juga sempat melakukan beberapa penghargaan untuk seller-seller unggulan,” ujar Theresia Nadya (Head of Marketing Logistics Gojek).

“Komunitas Best Seller GoSend, ini sangat-sangat membantu teman-teman tadi yang sudah go digital [penjual daring], membantu untuk memperluas pasarnya, memperbanyak transaksi juga, dan tadi memenuhi kebutuhan. Harapannya juga kami nanti kalau kebutuhan sudah banyak harus diikuti dengan produksi yang mumpuni ya, jangan mengecewakan para pembeli,” sebut Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia).

Berdiri sejak 2022, GoSend mengeklaim komunitas Best Seller GoSend kini sudah menjangkau 13 ribu penjual daring di berbagai kota. Selain itu, sebagai salah satu komunitas mitra usaha GoTo, komunitas Best Seller GoSend juga diklaim terus menjadi pilihan para pejual daring sebagai wadah berbagi cerita, pengalaman, dan kisah sukses dalam menavigasi tren penjualan daring yang terus meningkat di masyarakat.

GoSend menambahkan pula bahwa tumbuhnya komunitas Best Seller GoSend tak terlepas juga dari survei INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) pada tahun 2022. Survei INDEF bersangkutan menyebutkan, menurut penilaian penjual, GoSend dianggap paling meningkatkan produktivitas karena pelayanannya yang efisien, paling aman, dan mudah digunakan, serta paling memuaskan dibandingkan aplikasi layanan logistik daring lainnya.

Melalui komunitas Best Seller GoSend, anggotanya bisa mendapatkan hal-hal seperti pelatihan, promosi eksklusif, dan eksposur media sehingga bisa terbantu naik kelas. Beberapa inisiatif untuk mendukung bisnis anggota komunitas Best Seller GoSend yang digelar pada tahun 2023 ini adalah #RekomenGoSend, Ruang Belajar GoSend, Kisah Sukses Best Seller, wadah sosial interaksi, serta promosi dan merchandise eksklusif.

Salah satu yang menjadi unggulan adalah #RekomenGoSend. Melalui #RekomenGoSend, para anggota komunitas Best Seller GoSend yang telah terkurasi berkesempatan untuk mendapatkan dukungan promosi sepanjang tahun. #RekomenGoSend hadir dari kebiasaan pembeli pada era belanja daring yang kerap melihat rekomendasi atau review suatu produk terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian.

Adapun untuk yang me-review produk dan membagikan pengalaman berbelanjanya sehubungan #RekomenGoSend, GoSend mengajak pengguna, penggiat sosial media, sampai Ariel Noah yang merupakan Brand Ambassador-nya. Video #RekomenGoSend yang bersama Ariel Noah bisa dilihat di sejumlah kanal media sosial Gojek Indonesia.

“Banyak sekali toko dan produk hidden gem yang menarik dari anggota komunitas Best Seller GoSend, yang dapat terus didorong agar lebih terpapar ke calon pelanggan yang lebih luas. Untuk itulah saya senang dapat mendukung dan terlibat langsung dalam inisiatif #RekomenGoSend untuk dapat mempromosikan dan me-review produk produk UMKM, karena merekalah yang terus mendukung ekonomi Indonesia terus berjalan. Bersama komunitas Best Seller GoSend, yuk sama-sama belajar, berbagi cerita, dan berbagi inspirasi hingga bisa naik kelas!” kata Ariel Noah (Brand Ambassador GoSend).

Bagi penjual daring yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Best Seller GoSend bisa bergabung selama merupakan pengguna Gojek aktif dan pernah menggunakan GoSend setidaknya sekali dalam tiga bulan terakhir. Formulirnya bisa diisi di bit.ly/bestseller-gosend.