Find Us On Social Media :

Begini Cara Mencegah Infeksi Malware yang Ada di Game Hogwarts Legacy

By Adam Rizal, Sabtu, 11 Februari 2023 | 11:30 WIB

Hogwarts Legacy

Game Hogwarts Legacy akan dirilis pada 10 Februari. Gim - berlatarkan dunia sihir legendaris - memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia, dan bahkan menjadi penjualan terlaris Steam dan PlayStation 5 beberapa minggu sebelum diluncurkan secara resmi.

Tapi, sayangnya Harry dan para Potterheads di seluruh dunia secara aktif menjadi sasaran penjahat dunia maya yang menawarkan unduhan game “Hogwarts Legacy” yang diretas untuk PC di tengah rilis.

Meskipun saat gamenya belum dirilis, peneliti Kaspersky telah menemukan banyak contoh situs yang menawarkan unduhan "Hogwarts Legacy" di PC. Namun, Ketika mengunduh game yang di-crack, para gamer justru mengunduh malware atau perangkat lunak yang tidak diinginkan di perangkat mereka. Program penyebaran dapat bervariasi mulai dari adware, menampilkan iklan di layar pengguna, hingga trojan, mengumpulkan informasi tentang pengguna secara diam-diam.

Penjahat dunia maya menawarkan unduhan "Hogwarts Legacy" bahkan sebelum perilisan

“Game tentang dunia Harry Potter bahkan belum keluar, tetapi sudah menjadi fenomena nyata, dibicarakan oleh banyak gamer di seluruh dunia. Ini sangat populer di kalangan mereka yang, seperti saya, tumbuh dengan buku-buku tentang kisah bocah penyihir, serta di kalangan generasi muda. Dengan basis penggemar yang begitu besar, game ini telah menjadi target penjahat dunia maya yang ingin memanfaatkan popularitas kisah terkenal dunia tersebut. Saran kami selalu waspada dan hanya mengunduh game dari toko aplikasi resmi dan jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan tepercaya,” komentar Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya dan penipuan, Kaspersky merekomendasikan:

• Lebih aman membeli dan mengunduh game hanya dari situs resmi. Jangan percayai penawaran hadiah seperti game baru yang mahal— paling sering ini adalah penipuan.

• Jika memungkinkan, lindungi akun Anda dengan autentikasi dua faktor. Untuk yang lain, telusuri pengaturan akun.

• Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun. Dengan begitu, meskipun salah satu akun Anda dicuri, sisanya tidak akan terkena pengaruh. Lebih aman untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk game online yang Anda gunakan untuk layanan lain;

• Solusi keamanan yang kuat dan andal akan sangat membantu Anda, terutama jika itu tidak akan memperlambat komputer saat sedang bermain. Tetapi pada saat yang sama, itu akan melindungi Anda dari semua kemungkinan ancaman dunia maya. Kami merekomendasikan Kaspersky Total Security. Ini bekerja dengan lancar dengan Steam dan layanan game lainnya;