Saat ini, profesi konten kreator di Indonesia sedang berkembang pesat. Hal itu terlihat dari banyaknya akun selebgram baru yang bermunculan dengan menciptakan konten unik dan menarik, baik itu dalam bentuk video, gambar, atau teks. Konten ini dapat dibagikan melalui berbagai platform media sosial seperti YouTube, Instagram, hingga TikTok.
Peluang inilah yang ditangkap oleh DCT Agency, salah satu startup yang bergerak di bidang talent management and advertising digital dan telah terafiliasi lebih dari 500 talents, 300 juta followers, dan 77 miliar views pada 2022.
Sinar Mas Land melalui Digital Hub menyambut baik kehadiran kantor pusat DCT Agency yang dinamakan dengan House of TikTokers, berlokasi di Digital Loft, BSD City. Digital Hub sendiri merupakan area perkantoran, komunitas, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang industri teknologi, layaknya 'Silicon Valley' di California.
Acara peresmian kantor startup tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam sambutannya, Sandiaga mengapresiasi langkah Sinar Mas Land melalui Digital Hub dalam membangun tech ecosystem and development di kawasan ini untuk menjadi Silicon Valley-nya Indonesia.
"Sebesar 60% dari peningkatan penjualan di sektor parekraf berasal dari konten-konten kreatif, sehingga memegang peran penting dalam mempromosikan sektor parekraf," ujar Sandiaga.
Pada kesempatan yang sama, CEO House of TikTokers by DCT Agency, David Nugroho menambahkan, pihaknya saat ini sudah memiliki 4 layanan/kerja sama resmi (official) dengan TikTok. Pada tahun 2022, TikTok Shop berhasil membukukan pendapatan sekitar Rp228 miliar untuk penjualan di TikTok. “Pencapaian ini berkat kerja keras seluruh tim dan juga para kreator yang berada di bawah naungan DCT Agency,” klaim David.
House of TikTokers by DCT Agency menawarkan layanan digital marketing melalui Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) dengan berbagai macam program yang menguntungkan. House of TikTokers by DCT Agency menyediakan empat layanan berbeda di antaranya KOL Campaign, TikTok Live E-commerce, serta TikTok Ads and Shop Manager yang bisa dipilih sesuai kebutuhan branding client.
Ke depan, DCT Agency juga akan menawarkan Software as a Service (SaaS). Untuk bergabung menjadi talent dalam House of TikTokers by DCT Agency, diperlukan sejumlah kualifikasi di antaranya bertalenta, mampu menunjukkan kinerja yang unggul dan baik, serta memiliki digital skills yang mumpuni.
Kegiatan startup potensial ini akan berpusat di Lantai 2 dan 3 Marketing Gallery Digital Loft, BSD City. Digital Loft sendiri merupakan sebuah perkantoran yang didesain secara dinamis untuk menjadi ruang kerja para milennial. Area perkantoran ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas smart building/Internet of Things (IoT) dan AI, seperti high flexibility and productivity data port, 24 hour-CCTV, facial recognition Door Security, door sensor alarm, video intercom & office monitor, light motion sensor, automatic roller shutter door dan electronic delivery box yang dapat terhubung dengan ponsel pemilik unit.