Find Us On Social Media :

Penelusuran Motor Listrik Naik 110%, Masyarakat Makin Minat Beli?

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 Februari 2023 | 12:15 WIB

Motor listrik Yadea G5

Laporan Year in Search 2022 yang dirilis Google Indonesia mengungkapkan bahwa minat penelusuran masyarakat terkait “motor listrik” mengalami kenaikan sebesar 110%.

Bersamaan dengan itu, penelusuran terkait “mobil hybrid” dan “sepeda listrik” juga masing-masing meningkat hingga 100%.

Year in Search 2022 merupakan laporan edisi kelima yang menggambarkan perubahan perilaku konsumen Indonesia sebagai referensi bagi pelaku bisnis di berbagai industri.

Dari hasil laporan tersebut, penelusuan untuk “SPKLU” terlihat naik 90% yang menunjukkan masyarakat mulai mempertimbangkan penggunaan kendaraan listrik yang terbukti lebih ramah lingkungan

Selain itu, seiring dengan peningkatan minat terhadap kendaraan listrik, di sisi lain, maraknya mobilitas pun menjadi faktor yang turut menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat.

Masyarakat seperti semakin disadarkan dan mulai mempertimbangkan isu-isu terkait sehingga memengaruhi pilihan transportasi mereka.

Beberapa isu tersebut seputar transportasi dan mobilitas juga terlihat meningkat. Isu pertama, yaitu penulusuran terkait “tarif tol” yang tercatat mengalami peningkatan penelusuran sebesar 20%.

Lalu, penelusuran terkait “harga bensin” yang meningkat lebih dari 20% dan penelusuran terkait “kenapa macet” juga naik lebih dari 40%.

Oleh karena alasan tersebut, masyarakat Indonesia pun mulai mencari alternatif lain seperti kendaraan umum sebagai transportasi pilihan mereka.

Hal itu terlihat dengan minat masyarakat terhadap penelusuran “kereta” yang meningkat lebih dari 60%, penelusuran “busway” dengan peningkatan lebih dari 70%, penelusuran “MRT” yang meningkat 70%, dan penelusuran “ride hailing” yang meningkat 40%.

Baca Juga: Ofero Siap Rilis Motor Listrik Berteknologi Power Cloud di IIMS 2023