Agar produk yang dijual sampai ke tangan pelanggan, para penjual atau pemilik toko online di e-commerce/marketplace akan menggunakan layanan paket pengiriman dengan berbagai jenis pilihan, mulai dari instan, same-day, reguler hingga kargo.
Nah, bagi penjual yang menjual produk-produk dalam ukuran besar atau berat, seperti kasur, kulkas, televisi dan masih banyak lagi, tentunya harus memerhatikan beberapa hal penting karena ada penanganan khusus dibanding barang ukuran biasa pada umumnya.
Tokopedia melalui Stephanie Octavia, Sales and Operations (Logistics) Senior Lead Tokopedia, membagikan lima cara mengirim paket besar atau berat secara aman.
1. Pastikan Barang Dikemas Aman
Gunakan paper bubble wrap dan kardus secukupnya untuk menghindari risiko kerusakan barang. Jika barang mudah pecah, gunakan kotak kayu sebagai pelindung tambahan.
“Banyak pegiat usaha di Tokopedia yang menyediakan pilihan paper bubble wrap untuk menunjang kebutuhan penjual, contohnya Pulpable Indonesia dan Sustaination,” ucap Stephanie.
2. Ukur Berat dan Dimensi Paket Sebelum Pilih Jasa Pengiriman
“Total berat paket adalah berat barang ditambah berat kemasan. Jika total berat barang lebih dari 5 kilogram (kg), penjual bisa menggunakan jasa pengiriman kargo,” ujar Stephanie.
Dengan pengiriman kargo, penjual dapat memilih sistem antar barang ke agen atau dijemput kurir sesuai kebutuhan.
Selain kargo, jasa pengiriman dengan kendaraan roda dua (motor) juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim paket di atas 5 kg.
Misalnya, barang dengan maksimal berat 7 kg dan volume mencapai 45 cm x 45 cm x 20 cm dapat dikirim same-day, sedangkan barang dengan maksimal berat 20 kg dan volume mencapai 70 cm x 50 cm x 50 cm dapat dikirim instan.
3. Mengirim Paket 20-150 Kg dengan Jasa Pengiriman Instan Roda Empat
“Penjual kini juga bisa mengaktifkan opsi pengiriman instan untuk mengirim paket dengan berat 20-150 kg dan dimensi maksimal 100 cm x 100 cm x 80 cm menggunakan kendaraan roda empat (mobil), yaitu GoSend Car Instant,” kata Stephanie.
Tokopedia mencatat jumlah transaksi menggunakan jasa pengiriman kendaraan instan roda empat naik lebih dari 9,5 kali lipat di kuartal IV di 2022 dibandingkan kuartal III di tahun yang sama.
4. Aktifkan Layanan Asuransi Pengiriman
“Penjual dapat mengaktifkan Asuransi Pengiriman agar terhindar dari kerugian apabila barang berat atau besar yang diantar mengalami kerusakan atau hilang saat proses pengiriman awal hingga saat retur atau penukaran barang,” tutur Stephanie.
5. Titip Barang di Gudang Pintar, Ongkir Bisa Lebih Murah
Penjual bisa memakai layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia untuk menitipkan produk dengan berat maksimal 23 kg atau dimensi 40 cm x 28 cm x 28 cm di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan permintaan tinggi sehingga ongkir yang ditawarkan ke pembeli bisa lebih murah bahkan Rp0.
Layanan ini juga membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan dan pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi.
Selama 2022, jumlah transaksi melalui gudang pintar Dilayani Tokopedia naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan 2021.
Baca Juga: Catat! Ini Lima Tips Jualan Online Supaya Tidak Langgar HKI