Find Us On Social Media :

Gartner: Belanja Cip Para Pembeli Semikonduktor Terbesar Berkurang

By Cakrawala, Selasa, 21 Februari 2023 | 22:30 WIB

Gartner menyampaikan bahwa sepuluh pembeli semikonduktor terbesar di dunia mengurangi belanja cipnya pada tahun 2022 lalu.

Gartner awal bulan ini menyampaikan bahwa sepuluh pembeli semikonduktor terbesar di dunia mengurangi belanja cipnya pada tahun 2022 lalu. Kesepuluh OEM (original equipment manufacturer) itu mengurangi belanja cipnya pada tahun 2022 berkat melemahnya permintaan akan PC dan smartphone pada tahun bersangkutan. Pasalnya, melemahnya permintaan PC dan smartphone membuat berkurangnya perangkat yang diproduksi para OEM bersangkutan dan membuat berkurangnya pula pembelian cip yang mereka lakukan.

Seperti yang dituliskan di sini, jumlah pengapalan PC tradisional tradisional memang menurun signifikan pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Selesainya ledakan yang diakibatkan pandemi COVID-19 diyakini menjadi alasannya. Selain itu, ekonomi global yang memburuk dinilai juga membuat permintaan akan PC tradisional dalam waktu dekat belum akan membaik. Gartner sendiri menyebutkan melemahnya permintaan PC dan smartphone pada tahun lalu adalah karena inflasi dan resesi global.

"Suatu penurunan yang tajam pada permintaan consumer akan PC dan smartphone mencegah para top OEM untuk meningkatkan jumlah unit yang diproduksi dan dikapalkan," kata Masatsune Yamaji (Senior Director Analyst, Gartner) sembari menambahkan sebagian besar dari sepuluh konsumen semikondutor terbesar di dunia adalah produsen PC dan smartphone besar.

"Kebijakan zero-COVID di Cina juga mengakibatkan kekurangan material yang serius dan disrupsi jangka pendek terhadap rantai suplai elektronik. Kekurangan semikonduktor yang belum mereda pada pasar otomotif, jaringan, dan elektronik industri, menaikkan ASP (average selling price — harga jual rata-rata) dari cip dan mengakselerasi peningkatan pendapatan semikonduktor pada pasar-pasar ini. Alhasil, faktor-faktor ini mengakibatkan pangsa para top OEM yang dimaksud pada keseluruhan belanja semikonduktor pada tahun 2022 menurun dibandingkan tahun 2021," tambah Masatsune Yamaji.

Secara spesifik Gartner mengatakan bahwa secara keseluruhan kesepuluh OEM tersebut mengurangi belanja cipnya sekitar 7,6% pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Dari kesepuluhnya, hanya Samsung dan Sony yang meningkatkan belanja cipnya. Bila menilik lima besar, hanya Samsung yang meningkatkan belanja cipnya. Adapun belanja kesepuluh pembeli semikonduktor terbesar global itu secara total adalah sebesar 37,2% dari pasar semikonduktor dunia pada tahun 2022. Besarnya pasar semikonduktor dunia pada tahun 2022 sendiri adalah sekitar US$601,7 miliar.

Pembeli semikonduktor terbesar di dunia pada tahun 2022 tetaplah Apple. Begitu pula pada posisi kedua dan ketiga yang tetaplah Samsung Electronics dan Lenovo. Pada lima besar, pertukaran posisi terjadi antara Dell Technologies dan BBK Electronics dengan Dell Technologies menempati posisi keempat pada tahun 2022. Kelima pembeli semikonduktor terbesar global pada tahun lalu itu masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 11,1%, 7,7%, 3,5%, 3,0%, dan 3,0%. Lebih lengkapnya mengenai kesepuluh OEM yang dimaksud berserta peringkat dan belanjanya pada tahun 2022 bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Sepuluh perusahaan teratas menurut semiconductor design total available market di dunia pada tahun 2022 (juta dolar AS)