Find Us On Social Media :

OnePlus Sematkan Sistem Pendingin untuk Gaming PC ke OnePlus 11 5G

By Dayu Akbar, Selasa, 28 Februari 2023 | 13:30 WIB

Perusahaan teknologi global OnePlus baru saja menghadirkan Active CryoFlux, sebuah teknologi pendingin aktif terbaru dengan desain imajinatif. Active CryoFlux merupakan teknologi pendingin baru yang disematkan dalam smartphone konsep OnePlus 11 yang ditampilkan pada ajang Mobile World Congress 2023 (MWC 2023). Ajang internasional ini juga menampilkan OnePlus 11 5G, perangkat smartphone baru dari OPPO yang dikembangkan bersama dengan Qualcomm dan Perfect World Games serta memiliki teknologi Augmented Reality (AR) dan Ray Tracing yang menakjubkan.Active Cryoflux, Teknologi Pendingin Aktif Masa DepanActive Cryoflux merupakan fitur utama dalam smartphone konsep OnePlus 11 5G. Active Cryoflux ini dapat dikatakan sebuah game-changer dalam sistem pendinginan perangkat yang dapat menurunkan suhu hingga 2,1℃ dan meningkatkan frame rate hingga 3-4 fps saat bermain game2. Active CryoFlux juga dapat menurunkan suhu hingga 1,6℃ saat mengisi daya baterai, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya berkurang hingga 30-45 detik.Dengan inovasi ini OnePlus berhasil menghadirkan sistem pendingin yang biasa diterapkan dalam gaming PC ke dalam perangkat smartphone. Active CryoFlux merupakan sistem pendingin canggih yang terdiri dari dua piezoelectric ceramic micropump (pompa mikro piezoelektrik) ditengahnya dan terhubung ke saluran pipa yang diapit diafragma atas dan bawah. Dua unit micropump ini dipasang dalam sebuah celah kecil berukuran dari 0,2 cm³ dan berfungsi untuk mengalirkan cairan pendingin tanpa membuat perangkat lebih berat dan tebal.Konsep OnePlus 11 mampu menunjukkan bahwa Active CryoFlux didalamnya tak hanya sekadar berteknologi canggih, tetapi juga memiliki desain cantik. Perangkat yang berdesain futuristik ini memiliki kaca unibody yang melengkung, ukuran bezel yang lebih kecil, dan bagian side pull up berukuran 5,04 mm.

Perangkat ini juga memiliki penutup belakang yang semi transparan sehingga pengguna dapat melihat keindahan cairan pendingin yang mengalir dalam saluran pipa Active CryoFlux. Penutup belakangnya juga memiliki lapisan magnetron-sluttering yang diciptakan dengan mengendapkan logam dan alloy dalam jumlah kecil menggunakan medan listrik.Lensa kamera pada perangkat juga memiliki estetika yang sama. Cairan pendingin dari Active CryoFlux mengalir melalui pipa kecil yang mengelilingi kamera bak fenomena cahaya halo. Selain itu, area lensa dikelilingi oleh Guilloché etching yang merupakan teknik dekorasi untuk mengukir pola yang penuh detil. Guilloché etching biasa digunakan dalam desain arloji mewah, dan kali ini, OnePlus menjadi yang pertama kali untuk menerapkan desain tradisional jam tangan pada perangkat smartphone dan menciptakan perangkat yang modis, artistik, dan berteknologi tinggi. Bocoran Spesifikasi OnePlus 11Dengan Snapdragon 8 Gen 2, OnePlus 11 5G memiliki teknologi hardware accelerated ray tracing yang mampu mensimulasikan efek cahaya secara real-time. Untuk menghadirkan teknologi in-game ray tracing yang lebih baik, OnePlus berkolaborasi dengan Perfect World Games untuk menampilkan kemampuan ray tracing perangkat dalam gameplay Tower of Fantasy.OnePlus 11 5G adalah smartphone pertama yang memiliki platform Snapdragon Spaces. Dengan plaftorm ini, developer dapat menciptakan pengalaman Extended Reality (XR) baru dan menjajaki potensi teknologi Augmented Reality (AR) headworn, di mana teknologi XR ini dapat diterapkan dalam konser live, pemutaran film, dan acara eksklusif lainnya.

Selain itu, platform Snapdragon Spaces dapat berfungsi sebagai remote kontrol saat dipasangkan dengan Snapdragon XR2 AR Wireless Smart Viewer sehingga meningkatkan keseruan saat bermain videogam berteknologi AR. Kolaborasi antara OnePlus, Qualcomm, dan Perfect World Games akan menciptakan teknologi yang dapat menampilkan ray tracing accelerated content melalui kacamata AR Wireless. OnePlus 11 5G memiliki RAM LPDDR5X hingga 16GB dan ROM 256GB dengan UFS 4.0 yang memastikan daya maksimum serta efisiensi tinggi. Untuk lebih meningkatkan performa perangkat, OnePlus 11 5G hadir dengan RAM-Vita. Dengan baterai 100W SUPERVOOC Endurance Edition, pengisian daya OnePlus 11 5G tidak memakan waktu yang lama sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat saat dibutuhkan, OnePlus 11 5G juga memiliki Layar AMOLED Super Fluid 6,7 inci 2K 120Hz dengan LTPO 3.0.Perangkat memiliki kamera sensor IMX890 50MP dengan optical image stabilizer (OIS) sehingga pengguna dapat menghasilkan foto yang stabil. Selain kamera utama, ada pula kamera ultra-wide 115° 48MP dan lensa potret IMX709 32MP. OnePlus juga berkolaborasi dengan Hasselblad dalam mengembangkan OnePlus 11 5G. Perangkat ini memiliki Natural Color Calibration terbaru dengan fitur Hasselblad yang menghadirkan ilmu warna terbaik di industri. Selain itu, OnePlus 11 5G memiliki 13-channel multi-spectral sensor for light-color identification untuk menganalisis spektral cahaya yang lebih luas.