Find Us On Social Media :

Nih! Tips Mengatasi Layanan VPN yang Tidak Stabil dan Sering Putus

By Adam Rizal, Senin, 6 Maret 2023 | 15:00 WIB

VPN (Virtual Private Network)

Layanan virtual Private Network atau VPN kerap menjadi pilihan pengguna ketika ingin berselancar Internet dengan mengedepankan privasi.

Sayangnya, penggunaan layanan VPN dapat memperlambat koneksi internet Anda dan membuat beberapa sambungan VPN yang terputus (disconnect) karena koneksi internet Anda tidak stabil.

Anda dapat mengunduh aplikasi VPN di Play Store, App Store, Microsoft Store atau sumber luar terpercaya lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan koneksi VPN atau VPN online di situs web penyedia layanan VPN. Tak hanya itu, disconnect VPN juga bisa terjadi karena server VPN mendekati limit, penuh, atau sedang dalam gangguan.

Berikut beberapa tips mengatasi sambungan jaringan VPN yang sering putus:

1. Pakai Internet Stabil

Anda memerlukan jaringan koneksi internet yang stabil untuk tersambung ke VPN, minimal kecepatan internet Anda berkisar 20–50 Mbps. Pengguna internet dengan kecepatan di bawah 20 Mbps tetap bisa menggunakan sambungan VPN walau performanya akan kurang stabil.

2. Ganti Lokasi Server

Aplikasi VPN menyediakan beberapa pilihan lokasi server dari berbagai negara dan setiap server memiliki limit tertentu untuk pengguna yang masuk. Agar sambungan VPN stabil dan tidak terputus, Sebaiknya anda memilih lokasi server yang dekat dengan posisi Anda. Misalnya, pengguna VPN di Indonesia bisa memilih lokasi server Singapura.

3. Ubah Pengaturan

Ada beberapa hal yang bisa Anda atur melalui aplikasi VPN, seperti Maximum Transmission Unit (MTU), protokol, dan DNS client. Anda bisa memperkecil ukuran MTU, mengalihkan protokol VPN ke UDP, dan menggunakan DNS gratis milik Google atau Cloudflare (8.8.8.8 dan 8.8.4.4 atau 1.1.1.1 dan 1.0.0.1).

4. Aplikasi VPN Terpercaya

Sebaiknya anda menggunakan aplikasi VPN dengan ulasan yang baik bahkan aplikasi VPN berbayar demi kenyamanan berinternet.