Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan PDS-204GCO, PoE Switch Baru untuk Luar Ruangan

By Cakrawala, Selasa, 7 Maret 2023 | 19:00 WIB

Microchip mengumumkan PDS-204GCO yang merupakan PoE switch untuk luar ruangan dengan cyber security lebih baik dan redundancy.

Microchip awal bulan ini mengumumkan PoE (power over Ethernet) switch baru, PDS-204GCO, melalui siaran pers. Ditujukan untuk penggunaan luar ruangan, Microchip menyebutkan PDS-204GCO menambahkan proteksi sehubungan cyber security yang lebih baik serta redundancy yang diperlukan untuk jaringan dengan ketersediaan alias availability yang tinggi dalam penggunaan-penggunaan mission-critical dengan koneksi jarak jauh.

"Seperti halnya switch PDS-104GO kami, PDS-204GCO memenuhi standar-standar industri luar ruangan yang tinggi, dan dirancang untuk pemasangan yang mudah dan aman,” tutur Iris Shuker (Direktur PoE Microchip). "Ini juga merupakan langkah selanjutnya untuk mendukung lebih baik aplikasi-aplikasi yang menampung data penting dalam jumlah besar dari aneka perangkat IoT [internet of thngs] di edge yang ditenagai PoE dan tersebar luas. Hal ini menjawab tantangan keamanan jaringan dan ketersediaan jaringan mulai dari endpoint hingga ke sistem manajemen pusat," tambahnya.

Microchip PDS-204GCO menyediakan empat porta PoE Gigabit Ethernet dan dua SFP (small form-factor pluggable) yang mendukung koneksi berkecepatan 1 Gbps maupun 2,5 Gbps memanfaatkan serat optik. Porta SFP bersangkutan bisa digunakan untuk optical uplink bagi kamera surveilans maupun sebagai jalur redundant uplink untuk lebih memastikan ketersediaan jaringan. Adapun untuk daya yang bisa disuplai Microchip PDS-204GCO adalah sampai 90 W per porta. Namun, secara keseluruhan, total daya yang bisa disuplai oleh para portanya adalah 150 W.

Sejalan dengan peruntukkannya yang luar ruangan, Microchip PDS-204GCO bisa beroperasi pada suhu −40°C sampai 50°C serta memiliki IP rating berupa IP67. Selain itu, Microchip PDS-204GCO antara lain mendukung sejumlah topologi jaringan plus beberapa unit Microchip PDS-204GCO bisa di-daisy chain. Menggunakan beberapa Microchip PDS-204GCO secara daisy-chain bisa memperpanjang jangkauan dari switch utama sambil mengurangi jumlah kabel optik yang dihubungan secara langsung dari masing-masing perangkat ke switch utama itu.

Sementara, dari sisi cyber security, Microchip mengeklaim PDS-204GCO bisa memproteksi, baik lalu lintas data maupun sistem manajemennya. Beberapa fitur cyber security PDS-204GCO yang dikedepankan Microchip sehubungan lalu lintas data adalah autentikasi dan otorisasi perangkat endpoint, kebijakan manajemen lalu lintas switch secara manual, dan pencegahan DoS (denial-of-service) attack. Adapun beberapa fitur cyber security PDS-204GCO yang dikedepankan Microchip sehubungan sistem manajemen adalah penggunaan sertifikasi yang CA (Certificate Authority)-signed maupun yang self-signed serta autentikasi dan otorisasi pengguna oleh server jarak jauh memakai RADIUS atau TACACS+.

Microchip PDS-204GCO sudah tersedia. Switch ini ditawarkan dengan harga US$1.397 per unitnya.