Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah, Kini Browser DuckDuckGo Terintegrasi dengan ChatGPT

By Adam Rizal, Kamis, 9 Maret 2023 | 13:30 WIB

DuckDuckGo

Perusahaan mesin pencari DuckDuckGo meluncurkan mesin pencari DuckAssist yang telah terintegrasi ChatGPT, sebuah model bahasa alami besar untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna.

Dengan ChatGPT, pengguna DuckDuckGo dapat melakukan pertanyaan atau perintah dengan bahasa alami tanpa harus membatasi diri pada kata kunci atau frasa tertentu.

ChatGPT akan memberikan respons dengan informasi yang relevan dan terperinci, yang membuat proses pencarian menjadi lebih mudah dan efisien.

Selain itu, DuckDuckGo juga memastikan bahwa semua pertanyaan dan data pengguna yang dihasilkan dari penggunaan ChatGPT akan sepenuhnya dilindungi privasinya, sesuai dengan prinsip-prinsip privasi yang menjadi ciri khas mesin pencari ini.

"Kami sangat senang untuk memperkenalkan ChatGPT sebagai tambahan terbaru untuk layanan pencarian kami," kata CEO DuckDuckGo, Gabriel Weinberg.

"Kami percaya bahwa teknologi ini akan membawa kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna kami, tanpa mengorbankan privasi dan keamanan yang menjadi fokus utama kami sejak awal," ujarnya.

Integrasi ChatGPT telah dirilis untuk semua pengguna DuckDuckGo di seluruh dunia. Pengguna dapat mencobanya dengan mengetik pertanyaan atau perintah dalam bahasa alami pada kotak pencarian DuckDuckGo di browser mereka.

“Kami merancang DuckAssist untuk diintegrasikan sepenuhnya ke dalam Penelusuran Pribadi DuckDuckGo, mencerminkan tampilan dan nuansa hasil penelusuran tradisional kami, jadi meskipun konten yang dihasilkan AI masih baru, kami berharap menggunakan DuckAssist terasa seperti kebiasaan," katanya seperti dikutip Gizmodo.

Tidak seperti proyek AI Microsoft yang ceroboh dengan Bing, DuckAssist bukanlah chatbot. Sebagai gantinya, DuckAssist akan menyarankan jawaban otomatis saat mengenali istilah pencarian yang dapat dijawabnya. Itu tidak dipaksakan pada siapa pun.

Saat ini DuckAssist masih dalam versi beta, jadi mungkin belum sering muncul. “DuckAssist kemungkinan besar akan muncul di hasil pencarian kami saat pengguna mencari pertanyaan yang memiliki jawaban langsung di Wikipedia," kata Weinberg.

Privasi adalah fokus produk DuckDuckGo, dan perusahaan mengatakan DuckAssist tidak akan mengumpulkan informasi pribadi, juga tidak memerlukan login, seperti alat perusahaan lainnya.