Find Us On Social Media :

Nih! 10 Kasus Manfaat Penggunaan ChatGPT di Industri Perbankan

By Adam Rizal, Jumat, 10 Maret 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Bank wajib mengadopsi teknologi mutakhir untuk meningkatkan kualitas pelayanan nasabah dan memenuhi persyaratan kepatuhan. Bank juga dapat memanfaatkan inovasi canggih artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT untuk meningkatkan produktivitas, merampingkan operasi, dan meningkatkan layanan mereka.

Berikut 10 keuntungan atau manfaatkan penggunaan ChatGPT untuk industri perbankan seperti dikutip Forbes:

1. Layanan Pelanggan

Bank dapat menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami (NLP) ChatGPT, ChatGPT dapat menanggapi pertanyaan, keluhan, dan permintaan pelanggan akan informasi dengan cepat dan efisien.

2. Deteksi Fraud atau Penipuan

ChatGPT dapat membantu bank untuk mendeteksi dan mencegah penipuan dengan menganalisis sejumlah besar data transaksi dan mengidentifikasi pola yang mencurigakan. Hal itu dapat membantu bank melindungi aset keuangan nasabah dan mengurangi kerugian akibat penipuan. 

3. Penyaluran Kredit

Biasanya penyaluran kredit bank melalui proses kompleks termasuk mengumpulkan data pelanggan, menganalisis skor kredit, menilai risiko, dan memproses aplikasi pinjaman. Dengan memanfaatkan kemampuan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pembelajaran mesin (ML) ChatGPT, bank dapat mengotomatiskan banyak tugas sehingga proses penyaluran jauh lebih cepat dan lebih mudah.

ChatGPT juga dapat membantu bank dalam mengumpulkan data pelanggan, menganalisis kelayakan kredit, dan memberikan umpan balik secara real-time pada aplikasi pinjaman. ChatGPT dapat menganalisis data dalam jumlah besar dan membuat prediksi yang akurat, bank dapat mengurangi risiko gagal bayar dan membuat keputusan yang matang tentang persetujuan pinjaman.

4. Manajemen Kekayaan

ChatGPT dapat membantu bank menyediakan layanan manajemen kekayaan yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Dengan bantuan ChatGPT, bank dapat menganalisis data pelanggan dan memberikan rekomendasi investasi yang disesuaikan berdasarkan tujuan keuangan masing-masing dan toleransi risiko.

5. Kepatuhan

Kepatuhan adalah aspek penting perbankan, dan ketidakpatuhan dapat menyebabkan hukuman finansial yang berat dan kerusakan reputasi. ChatGPT dapat membantu bank mematuhi persyaratan peraturan dengan memantau transaksi bank dan mengidentifikasi potensi pelanggaran kepatuhan. Hal itu dapat membantu bank menghindari denda dan penalti yang mahal serta melindungi reputasi mereka.

6. Perencanaan Keuangan

Banyak pelanggan mengandalkan bank untuk menyediakan layanan perencanaan keuangan. Bank dapat menggunakan ChatGPT untuk menyediakan layanan perencanaan keuangan yang dipersonalisasi, termasuk penganggaran, pengelolaan utang, dan perencanaan pensiun.

7. KYC dan AML

Proses Know Your Customer (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML) sangat penting bagi bank untuk memitigasi risiko kejahatan keuangan dan menjaga kepatuhan terhadap peraturan.

ChatGPT dapat membantu bank dalam mengotomatiskan proses ini dengan menganalisis sejumlah besar data pelanggan, termasuk informasi pribadi dan riwayat transaksi, serta mengidentifikasi potensi masalah kepatuhan. Teknologi itu juga dapat memverifikasi identitas pelanggan, memeriksa pelanggan terhadap daftar sanksi dan menandai transaksi yang mencurigakan. Ini mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan akurasi pemeriksaan kepatuhan.

8. Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah visi bank untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Sayangnya, pelayanan bank saat ini dapat memakan waktu dan rumit. ChatGPT dapat membantu bank dalam meningkatkan orientasi pelanggan dengan mengotomatiskan banyak proses, mengurangi waktu tunggu, dan merampingkan pengalaman pelanggan.

ChatGPT dapat membantu pelanggan dengan:

● Mengisi formulir orientasi

● Mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka tentang peraturan dan proses perbankan

● Mengatasi kekhawatiran mereka tentang berpindah bank

● Membuka rekening baru

Model ini juga dapat membantu bank dengan tugas-tugas berikut selama proses orientasi:

● Memeriksa keakuratan data pelanggan

● Menandai masalah yang perlu diperbaiki

● Memverifikasi identitas pelanggan

● Menawarkan pengalaman orientasi yang dipersonalisasi untuk pelanggan

● Mengatasi masalah pelanggan

9. Manajemen Risiko

ChatGPT dapat membantu bank dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko dengan menganalisis sejumlah besar data dan mengidentifikasi faktor risiko potensial. Bank juga dapat menggunakan ChatGPT untuk memantau aktivitas transaksi, menandai transaksi yang mencurigakan, dan mengidentifikasi potensi penipuan.

ChatGPT dapat menganalisis data pasar dan berita untuk menilai potensi risiko ekonomi dan politik yang dapat berdampak pada operasional bank. Dengan kemampuan pembelajaran mesin ChatGPT, bank dapat terus belajar dari risiko masa lalu dan meningkatkan proses manajemen risiko dari waktu ke waktu.

10. Asisten Virtual untuk Perbankan

Bank dapat menghadirkan asisten virtual yang tersedia 24/7 untuk membantu mengelola akun mereka, membayar tagihan, dan melakukan transaksi.