Find Us On Social Media :

Tips Ampuh Mengatasi Sinyal Internet Lemot ketika di Dalam Gedung

By Adam Rizal, Selasa, 14 Maret 2023 | 15:30 WIB

Internet telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang di seluruh dunia, terutama setelah semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan secara online seperti bekerja, belajar, berbelanja, berkomunikasi, dan mengakses informasi.

Di era digital seperti sekarang ini, internet telah mengubah cara hidup dan bekerja orang-orang di berbagai bidang.

Di sisi bisnis, internet memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa mereka secara global dan terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia.

Di sisi pendidikan, internet memungkinkan siswa untuk mengakses sumber daya pendidikan yang lebih luas dan lebih mudah diakses. Di sisi sosial, internet memungkinkan orang untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga di mana saja di dunia.

Saat ini untuk mendapatkan koneksi internet sangat mudah, terlebih kini sudah tersedia jaringan 4G yang tentunya memiliki jaringan yang sangat stabil.

Namun di beberapa situasi terkadang kita sulit untuk memperoleh sinyal internet yang kuat, seperti misalnya didalam Gedung.

Tentu saat itu juga kalian akan merasa kesal bukan, namun Anda jangan khawatir, karena seperti diulas primaradio.co.id bahwa saat ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah internet lemot dalam gedung:

  1. Upgrade kecepatan internet

Pertama-tama, pastikan bahwa kecepatan internet yang diambil sudah mencukupi kebutuhan pengguna. Bila memungkinkan, sebaiknya melakukan upgrade kecepatan internet.

  1. Periksa jaringan WiFi

Cek jaringan WiFi di gedung apakah terdapat masalah seperti sinyal yang lemah atau peralatan yang kurang memadai. Bila memungkinkan, tambahkan akses point tambahan untuk memperkuat jaringan WiFi.

  1. Batasi penggunaan aplikasi yang memerlukan banyak bandwidth

Beberapa aplikasi seperti streaming video atau game online memerlukan banyak bandwidth. Batasi penggunaannya pada saat jam sibuk sehingga penggunaan internet tidak terganggu.

  1. Periksa perangkat keras jaringan

Pastikan bahwa perangkat keras jaringan seperti router dan switch sudah berfungsi dengan baik dan terbaru.

  1. Gunakan kabel Ethernet

Bila memungkinkan, gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan. Kabel Ethernet cenderung lebih stabil daripada WiFi.

  1. Gunakan jasa penyedia layanan jaringan profesional

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa penyedia layanan jaringan profesional untuk membantu mengatasi masalah internet lemot dalam gedung.

  1. Evaluasi kebutuhan pengguna

Mungkin perlu mengevaluasi kebutuhan pengguna terhadap internet. Pastikan bahwa penggunaan internet tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.