Find Us On Social Media :

Bill Gates Prediksi Bakal Ada Teknologi AI Super Cerdas di Masa Depan

By Adam Rizal, Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi bakal ada teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan super canggih dan pintar di masa depan.

Saat ini teknologi AI terbukti cukup efisiensi membantu pekerjaan manusia. Sebut saja, kehadiran Chatbot AI ChatGPT yang terbukti dapat menyelesaikan pekerjaan manusia dalam membuat esai, berital, artikel dll.

Bill Gates mengakui inovasi teknologi AI saat ini masih banyak kekurang dan membutuhkan peningkatkan di setiap sisinya. Contoh, jawaban ChatGPT yang masih membutuhkan koreksi dan perbaikan.

"Kekurangan AI semacam ini akan cepat diperbaiki. Di masa depan, akan ada AI yang super pintar," tulis Bill Gates di blognya, Gates Notes.

"Dibanding komputer, otak kita bekerja sangat lambat. Sinyal listrik di otak bergerak dengan kecepatan 1/100.000 sinyal dalam chip silikon. Sekali developer bisa menggeneralisasi algoritma pembelajaran dan menjalankan dengan kecepatan komputer, pencapaian yang mungkin berjarak 1 dekade atau seabad lagi, kita akan punya AGI (artificial general intelligence) yang sangat kuat," papar dia.

"Teknologi itu akan dapat melakukan semua yang bisa dilakukan oleh otak manusia dengan batasan praktis pada ukuran ingatannya atau kecepatan operasinya. Hal ini bakal menjadi perubahan besar," lanjut Gates.