Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Menggunakan Teknologi AI di Microsoft Word

By Adam Rizal, Selasa, 28 Maret 2023 | 11:30 WIB

Microsoft Word

Microsoft resmi mengucurkan investasi besar-besaran ke OpenAI sebagai pengembang ChatGPT.

Microsoft melihat popularitas ChatGPT yang meroket dalam sekejap adalah peluang bisnis yang menggiurkan.

Sebagai bagian dari kerjasama itu, Microsoft pun akan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam platform layanannya seperti Bing, Edge hingga Office 365.

ChatGPT yang berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sukses memberikan pengelaman baru dan membantu pekerjaan pengguna dengan efisien.

Namun, tanpa bantuan ChatGPT yang berbasis AI, Anda sudah bisa menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan) di aplikasi Microsoft Word untuk membantu dalam penulisan dan pengeditan dokumen.

Cara menggunakan teknologi AI di Microsoft Word cukup mudah karena Anda harus mengunduh Add-ins terlebih dahulu. Caranya, Klik File > Options > Add-Ins, Cari Add-Ins yang diinginkan, dan Klik Go.

Lantas, apa saja Add-Ins yang mengintegrasikan teknologi AI? Berikut daftarnya:

Ghostwriter

Ghostwriter adalah Add-in ciptaan Patrick Husting yang merupakan pengusaha dan pengembang perangkat lunak dari Seattle. Anda juga bisa mengunduh Add-Ins ini lewat “Store”.

Grammarly

Grammarly sangat penting bagi setiap pembuat konten dan pengguna Ms Word yang ingin mengecek kembali apakah tulisan yang dibuat sudah benar dan berterima secara kebahasaan.

Add-in ini dapat menemukan kesalahan tata bahasa dan ejaan, membantu dengan nada suara dan membantu Anda mengedit kalimat panjang dengan struktur yang rumit menjadi salinan yang simpel, jelas, namun tetap menarik.

Loyal AI

LOYAL AI membantu Anda dapat menganalisis seluruh dokumen atau bagian teks tertentu menggunakan teknologi AI. LOYAL AI dapat mengambil konten berita yang paling relevan dengan apa yang Anda tulis dengan menggunakan tambahan berupa metrik SEO, topik artikel, dan analisis sentimen sekilas.