Find Us On Social Media :

AWS Investasikan Rp185 Triliun Ekspansi Bisnis Cloud di Australia

By Adam Rizal, Selasa, 4 April 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi AWS (Amazon Web Services)

Perusahan cloud raksasa Amazon Web Services akan mengucurkan dana investasi lebih dari USD13 miliar atau Rp185 triliun di Australia selama lima tahun ke depan sebagai bagian strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnis cloud computing di Melbourne dan Sydney serta menjalankan data center-nya berbasis energi terbarukan.

AWS sendiri telah menghadirkan layanan cloud-nya di Sydney pada 2012 dengan membawa nilai investasi USD9,2 miliar atau Rp131 triliun.

Nantinya nilai investasi terbaru AWS itu juga akan digunakan untuk perluasan dan akan membuka lapangan pekerjaan untuk 11.000 posisi termasuk karyawan langsung, kontraktor, dan pemasok konstruksi, pemeliharaan, teknik, dan komunikasi.

Direktur negara Australia dan Selandia Baru di AWS Worldwide Public Sector, Iain Rouse, mengatakan investasi itu mencakup berbagai kebutuhan pusat data, dengan mencatat bahwa perusahaan tersebut telah menghabiskan $620 juta untuk infrastruktur jaringan seperti jaringan fiber. Perusahaan-perusahaan di Sydney dan Melbourne memilih tempat untuk menghosting layanan mereka berdasarkan lokasi pelanggan mereka.

"Jika saya menginginkan transaksi yang lebih cepat untuk memesan penerbangan atau memesan tumpangan atau melakukan transaksi perbankan. Saya dapat membuat keputusan untuk [host] dari Melbourne atau [host] dari Sydney," kata Rouse seperti dikutip The Guardian.

Pelanggan Amazon termasuk Atlassian, Qantas, NAB, dan lembaga pemerintah termasuk Biro Statistik Australia, Patologi Kesehatan NSW, dan Departemen Pendidikan Australia Barat.

Perusahaan ini juga telah memperluas layanan "zona lokal" yang menyediakan layanan cloud serupa untuk orang-orang di Perth, dengan Brisbane akan segera diumumkan.

"Investasi ekonomi dan infrastruktur dari penyedia layanan cloud seperti Amazon Web Services membantu menciptakan lapangan kerja, memajukan keterampilan digital, meningkatkan inovasi, dan mengangkat komunitas dan bisnis lokal," kata Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

"Pemerintah Australia mengakui investasi AWS di negara ini selama satu dekade terakhir dan menyambut baik investasi yang direncanakan untuk lima tahun ke depan, pekerjaan penuh waktu yang didukung setiap tahun dan kontribusi terhadap PDB negara," pungkasnya.

Kepala eksekutif Technology Council of Australia, Kate Pounder, mengatakan bahwa meningkatnya ketersediaan infrastruktur cloud di Australia akan membantu menumbuhkan sektor perangkat lunak Australia. AWS memiliki kantor di Melbourne, Brisbane, Perth, Adelaide, dan Canberra, dan akan memiliki kantor ritel gabungan AWS dan Amazon di Melbourne mulai akhir tahun 2023.

Amazon memperkirakan akan mencapai 100 persen energi terbarukan pada 2025. Perusahaan ini memiliki dua pembangkit listrik tenaga surya di NSW, yang menghasilkan 392.000MWh energi setiap tahunnya.

Sebuah ladang angin yang sedang dibangun di Hawkesdale di wilayah Victoria akan menghasilkan 717.000MWh saat beroperasi, yang akan digunakan untuk mendukung operasi Amazon.