Find Us On Social Media :

Pasar Layanan Cloud Diprediksi Tembus USD2,5 Triliun pada 2031

By Adam Rizal, Rabu, 5 April 2023 | 09:00 WIB

Ilustrasi Cloud Computing.

Allied Market Research melaporkan pasar layanan cloud global mencapai USD551,8 miliar pada 2021 dan diperkirakan akan mencapai USD2,5 triliun pada 2031 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 16,6 persen.

Laporan itu menawarkan analisis terperinci tentang perubahan tren pasar, segmen utama, kantong investasi utama, rantai nilai, lanskap regional, dan skenario persaingan.

Tentunya, laporan Allied Market Research adalah sumber informasi yang berguna bagi para pemain pasar terkemuka, pendatang baru, investor, dan pemangku kepentingan dalam menyusun strategi untuk masa depan dan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat posisi mereka di pasar.

"Laporan ini memberikan analisis setiap segmen dan sub-segmen dengan bantuan tabel dan gambar sehingga membantu para pelaku pasar, investor, dan pendatang baru dalam menentukan sub-segmen yang akan dimanfaatkan untuk mencapai pertumbuhan di tahun-tahun mendatang," tulisnya seperti dilansir Yahoo Finance.

Segmen BFSI menyumbang pangsa tertinggi cloud pada 2021, hampir seperlima dari pendapatan pasar layanan cloud global. Namun, segmen layanan kesehatan diperkirakan akan terus memimpin dalam pendapatan pasar selama periode perkiraan.

Selain itu, pertumbuhan CAGR tercepat sebesar 22,6 persen selama periode tersebut. Berdasarkan komponennya, segmen solusi cloud menyumbang pangsa tertinggi pada 2021, menghasilkan lebih dari dua pertiga pendapatan pasar layanan cloud global dan diproyeksikan akan menguasai pasar pada 2031.

Berdasarkan jenisnya, segmen perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) berkontribusi hampir dua perlima dari pendapatan pasar layanan cloud global pada tahun 2021. Namun, infrastruktur sebagai layanan (IaaS) akan mendominasi pasar dalam hal pendapatan selama periode perkiraan.

Berdasarkan model penerapan, segmen cloud publik memegang pangsa utama pada 2021, mengumpulkan lebih dari dua pertiga pendapatan pasar layanan cloud global dan diproyeksikan untuk mempertahankan dominasinya pada tahun 2031. Namun, segmen hybrid akan menunjukkan CAGR tercepat sebesar 19,4% selama periode perkiraan. Segmen cloud pribadi juga dianalisis dalam laporan tersebut.

Berdasarkan wilayah, Amerika Utara memegang pangsa utama pada tahun 2021, mengumpulkan hampir setengah dari pendapatan pasar layanan cloud global dan diproyeksikan akan menguasai pasar pada 2031. Namun, kawasan Asia-Pasifik akan menunjukkan CAGR tercepat sebesar 19,9% selama periode perkiraan. Provinsi lain yang dipelajari dalam laporan ini termasuk Eropa dan LAMEA.

Pemain pasar terkemuka yang dianalisis dalam laporan pasar layanan cloud global termasuk Cisco Systems Inc, Hewlett Packard Enterprise Development LP, Google LLC, Microsoft, Oracle, RACKSPACE TECHNOLOGY, International Business Machines Corporation, Amazon Web Services, Alibaba Group Holding Limited, dan Dell Inc.

Para pemain pasar ini telah menerapkan beberapa strategi termasuk kemitraan, ekspansi, kolaborasi, usaha patungan, dan lainnya untuk menyoroti kehebatan mereka dalam industri ini. Laporan ini sangat membantu dalam merumuskan kinerja dan perkembangan bisnis dari para pemain utama.

Baca Juga: Cisco Bakal Akuisisi Perusahaan Keamanan Cloud Lightspin Rp2 Triliun

 Baca Juga: Lagi Viral, Apa itu Layanan Cloud Kicthen, Jenis dan Keunggulannya?