Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mencegah Teknologi AI Mampu Membobol Password Anda?

By Adam Rizal, Selasa, 11 April 2023 | 11:30 WIB

Inilah Top 10 Karier Teratas di Bidang AI (Artificial Intelligence) pada Tahun 2023 Ini.

Inovasi teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus berkembang menjawab kebutuhan manusia.

Sayangnya, dibalik segudang manfaat AI menyimpan dampak negatif yang dapat merugikan pelanggan.

Home Security Heroes baru saja melaporkan teknologi AI generatif yang dapat membobol password Anda dengan mudah.

Caranya, Home Security Heroes menggunakan platform pembobol password PassGAN (password generative adversarial network) yang bisa memproses lebih dari 15,6 juta kredensial dari kumpulan data Rockyou.

Hasilnya, PassGAN bisa membobol 51 persen password yang umum ditemukan dalam waktu kurang dari satu menit, 65 persen dalam waktu kurang dari satu jam, 71 persen dalam waktu kurang dari satu hari, dan 81 persen dalam waktu kurang dari satu bulan.

"AI tidak memerlukan analisis password manual menggunakan database yang sudah ada," katanya seperti dikutip dari 9to5Mac.

Solusinya

Untuk melindungi akun kalian dari platform penebak password AI, Anda harus menggunakan kata sandi sebanyak 12 karakter dan memiliki kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

Sebagai informasi, password dengan 12 karakter yang hanya menggunakan angka bisa ditebak dalam waktu kurang dari 25 detik. Jika menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, setidaknya AI akan membutuhkan waktu 289 tahun untuk membobolnya.

Jika ingin paling aman, Anda dapat menggunakan password dengan 18 karakter yang berisi kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

Selain menggunakan password yang kuat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap akun online kalian, seperti mengaktifkan 2FA, update password secara reguler.

Anda juga boleh menggunakan password yang sama dan jangan gunakan Wi-Fi publik untuk mengakses online banking atau akun sensitif lainnya.