Find Us On Social Media :

Komunitas CIO Malaysia akan Gelar Konferensi Pertama di Penang

By Wisnu Nugroho, Jumat, 14 April 2023 | 11:16 WIB

Komunitas CIO Malaysia akan menyelenggarakan MCION sebagai forum berbagi dan berdiskusi

Saat ini seluruh perusahaan di dunia dituntut untuk dapat mengakselerasi transformasi digital di organisasinya. Hal ini tidak lepas dari perubahan mendasar dari perilaku konsumen akibat kehadiran teknologi digital.

Trend inilah yang mendorong komunitas CIO Network Malaysia (atau MCION) menyelenggarakan MCION 1st Conference. Konferensi ini akan diadakan pada tanggal 23-25 Agustus 2023 di Penang, Malaysia. Konferensi ini sendiri akan mengangkat tema Innovate, Transform, and Secure your Digital Organization.

MCION sendiri adalah komunitas IT Leaders perusahaan Malaysia yang menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait transformasi digital. Ke depan, MCION memiliki misi untuk menjadi platform edukasi, training, dan coaching bagi CXO masa depan Malaysia.

Penyelenggaraan MCION yang pertama ini adalah bagian dari perwujudan misi tersebut. “Acara ini akan menjadi forum diskusi dan berbagi antara CIO perusahaan Malaysia dalam mendorong transformasi digital, sehingga terbentuk momentum untuk berkembang bersama,” ungkap Nicholas Ng, salah satu pendiri MCION. 

Acara MCION 1st Conference ini sendiri akan terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama akan berupa konferensi sehari penuh yang akan membahas berbagai aspek dari transformasi digital. Sedangkan bagian kedua akan berisi dua track yang akan membahas topik lebih mendalam, yaitu Securing your Digital Journey and Cloud Assets serta Innovate Technologies for Enterprise.

Total akan ada 25 pembicara yang terdiri dari praktisi dan pengamat teknologi yang akan berbicara pada konferensi ini. Mereka akan berbagi pengalaman dan best practice dalam melakukan inovasi digital, termasuk strategi untuk memastikan keamanan dari transformasi tersebut.

Pasar ekonomi digital di Malaysia sendiri terus melejit dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Departemen Statistik Malaysia, nilai ekonomi digital Malaysia pada tahun tahun 2019 sebesar US$68,6 miliar atau sekitar 19,1% dari GDP Malaysia. Persentase tersebut diprediksi akan meningkat ke angka 22,6% pada tahun 2025. Hal ini tidak lepas dari tingginya adopsi teknologi digital di masyarakat Malaysia. Sebuah data menyebut, 81% pengguna internet di Malaysia adalah konsumen digital services. 

Dengan potensi yang demikian besar, setiap organisasi di Malaysia pun didorong untuk mengakselerasi inovasi berbasis digital. “Dan inovasi akan lebih mudah terwujud melalui kolaborasi yang melibatkan semua pemangku kepentingan. Kolaborasi inilah yang kami harapkan muncul pada MCION Conference nanti,” tambah Nicholas Ng.

MCION pun membuka pintu kolaborasi bagi pemilik solusi dan media untuk terlibat di konferensi ini. Informasi lebih lanjut bisa didapat melalui www.xcion.org.