Find Us On Social Media :

Zoom Fokus Tingkatkan Pelayanan dan Bangun Ekosistem di Indonesia

By Adam Rizal, Sabtu, 15 April 2023 | 09:00 WIB

Jacob Pereira (Head of APAC Partners Zoom)

Zoom Video Communications melihat Indonesia adalah pasar yang menjanjikan dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah populasi yang terbesar di Asia Tenggara. Zoom fokus menggarap berbagai sektor pendidikan, sektor UMKM hingga perusahaan di Indonesia.

Jacob Pereira (Head of APAC Partners Zoom) mengatakan Zoom mendapatkan respon positif di Indonesia terlihat dari jumlah pengguna dan partner yang terus naik. Layanan Zoom Phone dan Contact Center menjadi produk terfavorit di Indonesia, mengingat kedua produk itu menawarkan manfaat dan kemudahan.

"Kami akan menarik banyak mitra kami di bidang tersebut. Saat ini, beberapa mitra yang kami miliki adalah KayReach dan Smartfren di Indonesia yang juga memiliki sertifikasi telepon Zoom," katanya.

Zoom juga bekerja sama dengan Telkomsel yang memiliki lebih dari 170 juta pelanggan di Indonesia dan telah menggunakan layanan Zoom dalam portofolionya.

"Kami telah berinvestasi dalam hal tenaga pemasaran yang berkualitas di Indonesia. Kami telah menyediakan Zoom dalam mata uang lokal sehingga para mitra dapat membelinya dalam mata uang lokal. Dan kami juga melakukan banyak promosi," ujarnya.

Zoom juga telah mendukung pemerintah dalam peluncuran Digital Literacy ke 500 ribu participants online.

"Telkomsel memanfaatkan Zoom Development Platform dengan SDK, untuk menjawab kebutuhan pelanggan mereka. 2022 kemarin kita juga berpartisipasi dengan G20. di G20 kami juga diundang sebagai keynote speaker," ujarnya.

Zoom

Jacob mengatakan Zoom membantu para kliennya di Indonesia untuk memiliki kapabilitas dari mulai pertemuan, event, webinar, dan layanan telepon. Zoom juga membangun kapabilitas yang lebih besar dengan mitra yang baru juga.

Saat ini Zoom di Indonesia memiliki dua distributor utama yaitu ECS dan Rhipe. "Kami juga memiliki banyak mitra tier dua yang masuk melalui distribusi yang melayani pasar UMKM dan sebagainya," ujarnya.

Sekarang ini semua partner di Indonesia dapat menawarkan layanan profesional dari Zoom dan kemudian bisa di resell di channel-channel nya dan juga ada rencana-rencana yang bisa ditawarkan ke perusahaan tersebut.

Untuk jangka pendek, Zoom akan mengakselerasi kemampuan channel. Untuk jangka panjangnya, Zoom akan mendorong adopsi pelanggan ke satu platform yaitu Zoom.

Zoom akan menjadi satu-satunya platform yang menghubungkan tim kita, menata ulang ruang dunia, engage audiens baru dan memberikan pengalaman total pelanggan.