Find Us On Social Media :

Kunci Sukses Apple Jualan iPhone di Dunia, Ekosistem Terintegrasi

By Adam Rizal, Kamis, 27 April 2023 | 11:30 WIB

iPhone 13

Siapa yang tidak tahu iPhone?, Smartphone flagship buatan Apple yang mendominasi penjualan smartphone global bersama Samsung. iPhone sukses menjadi trendsetter di dunia smartphone yang melambangkan gaya hidup mewah dan berkelas.

Tak heran, iPhone turut menggenjot nilai kapitalisasi Apple mencapai 2,613 triliun dollar AS atau kira-kira setara Rp38.610 triliun. Firma riset pasar ponsel Counterpoint Research mengungkapkan bahwa pangsa pasar Apple berhasil tembus di atas 50 persen untuk pertama kalinya di AS.

The Wall Street Journal mengungkapkan ada lima alasan utama Apple sukses mendominasi pasar smartphone di dunia termasuk Amerika Serikat (AS).

Popularitas Milennial

iPhone menjadi HP yang populer di kalangan anak muda. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir semakin banyak anak muda di AS yang menggunakan iPhone.

Piper Sandler, Sebuah perusahaan bank investasi independen Amerika Serikat dan perusahaan jasa keuangan mengungkapkan mayoritas remaja AS memiliki iPhone, naik lebih dari dua kali lipat dibanding kepemilikan iPhone di kalangan remaja 10 tahun yang lalu.

Salah satu hal yang menyebabkan popularitas iPhone meningkatkan di kalangan anak muda adalah gengsi akibat warna chat bubble ketika berkirim pesan. iPhone memang memiliki dua skema warna gelembung chat ketika berkirim pesan di iMessage.

Ketika pesan dikirim dalam bentuk iMessage ke sesama pengguna iPhone, bubble text akan menunjukkan warna biru. Sedangkan bubble text warna hijau menunjukkan bahwa pesan dikirim dalam bentuk SMS biasa atau ke ponsel merek lain berbasis Android.

Ekosistem

Salah satu kunci utama bisnis perangkat Apple adalah ekosistem yang saling terintegrasi dan saling bergantung. Selain iPhone, Apple juga menjual perangkat MacBook, iPad, serta AirPods dan Apple Watch. Setiap 100 unit iPhone yang terjual, Apple bakal turut menjual 35 unit AirPods, 26 unit iPad, dan 17 unit Apple Watch.

Cap Mewah

Apple sukses mendapatkan cap mewah di pasar, siapa yang membawa perangkat Apple, maka nilai status sosialnya akan naik. Label mewah itu membuat Apple membebankan biaya paling tinggi iPhone ke konsumen.

Caranya, Apple menaikkan harga iPhone dan menambahkan fitur-fitur baru. Misalnya, iPhone 14 Pro Max yang dijual 1.599 dollar AS ata sekitar Rp23,6 juta yang menawarkan fitur seperti layar lebih besar, Dynamic Island baru, dan kamera yang lebih baik.

Apple dilaporkan berhasil meningkatkan harga jual rata-rata di semua penjualan iPhone barunya menjadi lebih dari 900 dollar AS (sekitar Rp 13,3 juta) pada musim liburan 2022-2023. Menurut laporan The Wall Street Journal, angka itu naik 10 persen dari tahun sebelumnya dan merupakan pencapaian tertinggi Apple.

iPhone Refurbished

Faktor lainnya adalah Apple iPhone refurbished atau iPhone bekas yang diperbarui lagi oleh Apple. iPhone refurbished akan mendapatkan komponen baru orisinal, seperti pada baterai dan bodi ponselnya, sebelum dijual ke publik dengan harga yang lebih murah dibanding harga peluncurannya.

Menurut IDC, saat ini ada sekitar 283 juta iPhone refurbished yang terjual secara global pada 2022. Angka tersebut mewakili hampir satu dari lima ponsel yang terjual tahun itu. Firma analis CCS insight mengungkapkan iPhone refurbished berkontribusi 80 persen pada pasar ponsel bekas itu. Artinya, masih banyak konsumen yang berminat membeli iPhone refurbished dengan harga yang relatif lebih murah.

Bisnis service 

Apple juga punya produk lain yang tak kalah menjanjikan yaiti bisnis layanan (service) termasuk iCloud, hingga Apple Music. Pada kuartal terakir 2022, Apple membukukan 20,8 miliar dari bisnis service, sebagian karena 935 juta langganan berbayar untuk layanan Apple sendiri.

Bisnis service Apple memiliki margin kotor sebesar 71,5 persen pada kuartal terakhir. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan margin keseluruhan perusahaan sebesar 43,3 persen, yang sebagian besar ditentukan oleh penjualan hardware seperti iPhone, MacBook, AirPods, dan lainnya.