Find Us On Social Media :

Kini Layanan Google Meet Mendukung Video Full HD, Ini Syaratnya

By Adam Rizal, Kamis, 27 April 2023 | 13:00 WIB

Google Meet

Saat ini pelanggan Google Workspace dan Google One dapat melakukan panggilan video berkualitas tinggi video 1080p atau Full HD pada Google Meet.

Sebelumnya, pengguna Google Meet yang merupakan pelanggan Google Workspace dan Google One hanya bisa menikmati resolusi video paling tinggi 720p.

Google memberikan dua syarat utama supaya Anda bisa menikmati kualitas video HP di Google Meet.

Pertama, pengguna harus memakai kamera web 1080p di komputer atau laptop, baik bawaan maupun eksternal. Sayangnya, dukungan itu belum tersedia untuk platform lainnya seperti iOS atau Android (Mobile).

Kedua, komputer pengguna mesti memiliki daya komputasi yang cukup untuk menjalankan rapat dengan dua partisipan.

Untuk pengguna yang mendapat dukungan video berkualitas 1080p, mereka akan disapa oleh pop-up berbunyi "Let people see you in Full HD" (Biarkan pengguna lainnya melihat Anda dalam Full HD).

Pengguna dapat memilih opsi "Turn on 1080p" untuk mengaktifkan resolusi tinggi atau "Got it" untuk mempertahankan resolusi yang sedang digunakan. Resolusi 1080p itu dapat diaktifkan atau dinonaktifkan pula lewat menu "Settings".

Untuk mendapat dukungan video 1080p, Anda bisa berlangganan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Teaching and Learning Upgrade Edition, Education Plus, Enterprise Essentials, atau pelanggan Frontline.

Google Workspace Business Standard dengan opsi terjangkau dibanderol 12 dollar AS atau setara Rp178.000 per bulan.

Sayangnya, dukungan video 1080p di Google Meet itu belum tersedia untuk pelanggan akun Google personal, pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Education Fundamentals, Education Standard, Nonprofits, G Suite Basic, dan pelanggan Business.