Find Us On Social Media :

ChatGPT Diprediksi Bakal Gantikan Pekerjaan Guru di Masa Depan

By Adam Rizal, Senin, 1 Mei 2023 | 11:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi fokus utama pengembangan teknologi di masa depan. Inovasi teknologi AI sudah hadir di industri dan masyarakat seperti penggunaan chatbotAI ChatGPT.

Kehadiran ChatGPT sangat membantu dunia pendidikan baik untuk tenaga pengajar dan siswa dalam mengajar dan belajar.

Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi teknologi AI generatif seperti ChatGPT dapat menggantikan peran guru dan bekerja sebaik manusia dalam waktu dekat.

"ChatGPT akan membantu anak-anak belajar membaca dan menulis dalam 18 bulan ke depan," katanya.

Bill Gates mengatakan ChatGPT akan menjadi solusi murah untuk orang tua yang kurang mampu membayar uang sekolah yang mahal.

ChatGPT dapat menjadi tutor manusia dan dapat berdialog membantu siswa serta memahami kekurangan mereka. Teknologi AI akan membantu siswa meningkatkan cara mereka saat belajar menulis dan membaca.

"Teknologi AI terbaru akan membantu para guru dan memberikan saran dalam menulis," ujarnya.

Guru virtual dengan teknologi GPT-4 mampu memudahkan siswa belajar matematika, sains, dan humaniora dari segala usia. Tidak hanya itu, Proyek Khanmigo juga dapat berfungsi sebagai pelatih menulis.

"Teknologi AI memiliki potensi yang besar untuk menyelesaikan beberapa masalah paling mendesak di dunia," ucapnya.

Secara keseluruhan, Bill Gates meyakini bahwa AI akan memainkan peran penting di masa depan pendidikan. Chatbot berteknologi AI dan guru virtual akan menjadi alat penting bagi siswa dari segala usia.