Find Us On Social Media :

Keren! Begini Kemampuan Kamera Nightography Samsung Galaxy A54 5G

By Dayu Akbar, Rabu, 3 Mei 2023 | 08:00 WIB

Sebagai smartphone kelas menengah, Samsung Galaxy A54 5G hadirkan beberapa fitur unggulan, mulai dari desain, performa, hingga kemampuan kamera. Dan salah satu fitur unggulan dari kamera utama adalah mode malam yang disebut Samsung sebagai Nightography. Fitur ini merupakan mode malam terbaru yang telah disematkan teknologi AI agar hasil foto dalam kondisi temaram menjadi lebih terang.

Secara keseluruhan ada empat kamera yang masing-masing terdiri dari tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang memiliki konfigurasi konfigurasi 50 MP kamera utama dengan bukaan f/1.8 serta fitur OIS, 12 MP kamera ultra-wide, serta 5 MP kamera makro. Kamera utama 50 MP pada Galaxy A54 5G punya sensor size dan pixel size lebih besar serta menggunakan sensor Sony IMX Sony IMS766 dengan ukuran sensor 1/5,6 inci yang tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Hal ini yang memungkinkan hasil foto Galaxy A54 5G bisa lebih tajam dan bagus. Nightography - Mode Malam yang Ciamik

Kamera 50 MP yang memiliki bukaan aperture f/1.8 terbilang cukup besar. Semakin besar bukaannya maka semakin banyak cahaya yang masuk sehingga sangat membantu dalam mengambil foto malam hari. Sebagai penunjang, Samsung juga melengkapinya dengan pilihan mode malam atau Night Mode yang kali ini dibantu AI.

Night Mode menggunakan multi-frame processing untuk mengombinasikan 30 gambar ke dalam satu foto yang jernih. Teknologi canggih ini bekerja guna menjaga detail, mengurangi noise, dan mengoptimalkan warna sehingga hasil foto di kondisi minim cahaya tampak cerah dan jelas. Berikut beberapa contoh hasil jepretannya:

Selain kemampuan hardware-nya, Samsung juga menyertakan aplikasi kamera dengan berbagai fitur unggulannya. Tidak hanya ketika melakukan pemotretan, tapi juga setelahnya melalui fitur Photo Editor. Disini ada dua fitur keren yang bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan hasil foto yang didapat. Fitur tersebut adalah Object Remover dan Photo Remaster.Object Remover - Hilangkan Suatu Obyek pada Foto

Terkadang saat melihat hasil foto ternyata ada satu obyek yang dirasa mengganggu. Dan ketika kesempatan untuk mengulang momen tersebut sudah lewat, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyunting foto tersebut dengan menghilangkan obyek tersebut. Dulu, caranya terbilang kompleks karena Anda mesti menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun Samsung menawarkan fitur yang memudahkan untuk menghilangkan suatu obyek dengan cara mudah.

Menggunakan aplikasi penyunting bawaan yaitu Photo Editor, Anda tinggal memanfaatkan fitur Object Remover. Pertama yang harus dilakukan adalah pilih foto yang dimaksud dari Gallery. Tekan ikon pensil dan tekan lagi tiga titik yang ada di sisi kanan. Nantinya akan tampil pilihan Object Remover, selanjutnya tandai obyek yang hendak dihilangkan, setelahnya tinggal tekan Erase, dan obyek akan hilang tanpa perlu repot-repot melakukan penyuntingan lagi.Photo Remaster - Cara Mudah Mengurangi Blur dan Noise

Fitur Photo Remaster berguna jika Anda ingin memperbaiki hasil foto dengan mengurangi blur dan noise dan meningkatkan resolusi foto, sehingga foto akan terlihat lebih tajam dan hidup.

Untuk menggunakan fitur Photo Remaster, Anda dapat membuka Gallery foto, pilih foto yang akan di-Remaster. Tekan ikon titik tiga di pojok kanan bawah. Pilih Remaster picture, nantinya akan ditampilkan Preview terlebih dahulu untuk melihat perbedaannya. Jika sudah puas dengan hasilnya, tinggal tekan Save untuk menyimpan hasil penyuntingan.