Find Us On Social Media :

Tak Perlu Antre, Akhirnya Microsoft Buka Akses Bing ChatGPT untuk Umum

By Adam Rizal, Senin, 8 Mei 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi Bing

Akhirnya Microsoft membuka akses mesin pencari canggihnya Bing berbasis ChatGPT untuk umum.

Sebelumnya, Microsoft masih membatasi akses browser Bing ChatGPT untuk umum dan membuka daftar antrean bagi siapapun yang ingin mencobanya.

"Hari ini saya sangat senang untuk mengumumkan ketersediaan Bing dan Edge berbasis AI untuk Anda semua. Alat ini akan memperluas visi dan kemampuan yang kami anggap sebagai Kopilot Anda untuk Web," kata Wakil Presiden Korporat Microsoft Yusuf Mehdi dalam sebuah blog post.

Mehdi mengatakan pengguna Bing telah terlibat dalam lebih dari setengah miliar obrolan dalam tiga bulan dan pengguna telah membuat 200 juta gambar dengan Bing Image Creator, alat lain yang ditenagai oleh AI.

"Bing telah berkembang hingga melebihi 100 juta pengguna aktif harian dan instalasi harian aplikasi seluler Bing meningkat empat kali lipat sejak diluncurkan," katanya seperti dikutip Times of India.

Pengguna telah menanyakan berbagai macam pertanyaan menggunakan fitur obrolan. Mulai dari menemukan tempat terbaik untuk melakukan perjalanan bagi seseorang yang alergi serbuk sari, hingga mengatur aktivitas gunung berapi di seluruh dunia selama 10 tahun terakhir menjadi sebuah tabel.

"Kami bersemangat untuk terus membuat Bing lebih mudah diakses dengan pengenalan Bing ke Windows, menjangkau lebih dari setengah miliar pelanggan setiap bulan," tambahnya.

Awalnya Bing terbaru hanya model pencarian teks saja, namun telah berkembang menjadi menawarkan gambar dan video dalam jawabannya.

Pengguna dapat beralih dari sesi pencarian/obrolan satu kali penggunaan menjadi pengalaman produktivitas multi-sesi dengan riwayat obrolan dan obrolan yang persisten di dalam Edge.

Microsoft juga mengatakan bahwa mereka telah membuka kemampuan platform sehingga pengembang dan pihak ketiga dapat membangun di atas Bing untuk membantu orang melakukan tindakan pada pertanyaan mereka dan menyelesaikan tugas.