Find Us On Social Media :

Hands-On Motorola MOTOTRBO R7: Hadir Dengan Tiga Pembaruan Utama

By Dayu Akbar, Selasa, 9 Mei 2023 | 06:06 WIB

Melengkapi portofolio perangkat radio dua arah digital besutannya, Motorola Solutions kembali menghadirkan generasi terbaru yang memiliki keunggulan yang tidak ada di generasi sebelumnya melalui MOTOTRBO R7. MOTOTRBO R7 merupakan radio digital portabel dua arah yang ditujukan bagi para pelaku industri. Sebagai generasi yang lebih baru, perangkat ini hadir dengan beberapa keunggulan yang menarik.Desain

Anda yang terbiasa dengan perangkat radio dua arah akan menjumpai desain serta beberapa tombol serta fitur khas dari perangkat tersebut. Namun kali ini MOTOTRBO R7 memiliki bodi kokoh berstandar militer MIL-STD 810 yang dirancang agar mampu bertahan di segala kondisi. Bahkan bahan kerangka perangkat ini dirancang khusus untuk industri medis agar tahan terhadap zan disinfektan dan dekontaminasi.

Bodi tebalnya juga dikarenakan tertanam baterai berukuran besar yang ditenagai sel litium baru. Selain nyaman digenggam, ukurannya ini terbilang ringkas namun memiliki daya tahan penggunaan yang lama. Pihak Motorola mengklaim baterai ini bisa bertahan seharian.Pada bagian layarnya, R7 dirancang secara kokoh agar tahan terhadap benturan keras. Memiliki ukuran 2,4 inci dengan resolusi 320 x 240 pixels atau QVGA, tampilannya dibuat untuk navigasi yang lebih mudah. Dengan ukuran lebih besar dibanding sebelumnya, pengguna akan lebih nyaman menggunakannya karena tidak akan direpotkan dengan banyak menekan tombol serta navigasi.

Dan secara khusus pada bagian atas layar dekat antena, Motorola menyematkan tombol darurat warna merah. Sementara di balik keypad tersemat speaker yang mampu menghasilkan suara yang nyaring dan jelas.Fitur Terbaru

MOTOTRBO R7 memiliki tiga keunggulan utama yang tidak dimiliki generasi sebelumnya. Yang pertama adalah kemampuannya dalam menghasilkan kualitas suara lebih baik. MOTOTRBO R7 dilengkapi dengan fitur peredam bising atau noise canceling. Fitur ini memang sudah ada pada generasi sebelumnya namun hanya sebatas software saja. Pada versi terbaru ini, Motorola melengkapinya secara hardware dan softwware sehingga hasilnya lebih maksimal.

Dari sisi hardware, MOTOTRBO R7 menggunakan dua mikrofon adaptif yang ditempatkan di bagian belakang dan depan. Dua hardware ini bertujuan agar mampu memisahkan frekuensi kebisingan dengan frekuensi percakapan. Saat dilakukan demo di depan awak media, MOTOTRBO R7 mampu terdengar jelas meski lawan bicara sedang berada dalam kondisi bising berada di dekat mesin bor yang sedang bekerja.

Untuk keunggulan kedua, Motorola merancang agar MOTOTRBO R7 hadir sebagai perangkat yang bisa digunakan hingga di massa depan bagi kebutuhan bisnis dan bisa digunakan di segala kondisi, termasuk di lingkungan berbahaya sekalipun.

Jika generasi sebelumnya sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68, maka MOTOTRBO R7 masih ditambah dengan sertifikasi IP66 yang membuatnya tahan terhadap semburan air bertekanan tinggi sehingga cocok pula digunakan oleh pemadam kebakaran. Sementara sertifikasi IP68 sendiri membuat perangkat ini tahan terhadap debu serta air hingga kedalaman 2 menter selama hingga 2 jam.

Keunggulan selanjutnya adalah dalam hal konektivitas. Selain hadirnya tombol darurat, MOTOTRBO R7 mendukung berbagai konektivitas, mulai dari teknologi UHF/VHF, WiFi 2.5/5GHz, dan Bluetooth 5.2. Koneksi ini memungkinkan pengguna berkomunikasi antar perangkat langsung atau dengan banyak perangkat hingga di 250 situs dengan 3000 perangkat maksimal per satu situs.Harga dan Ketersediaan

MOTOTRBO R7 dibanderol dengan kisaran harga mulai dari 12 jutaan rupiah dengan masa garansi selama satu tahun. Garansi yang ditanggung mencakup hardware dan software. MOTOTRBO R7 Series sendiri sebenarnya hadir dalam model R7 dan R7a. Namun untuk pasar Indonesia hanya model R7 versi full-keypad saja yang sudah tersedia, sedangkan versi non-keypad belum tersedia. Dan sebagai perbandingan, model R7a hanya tersedia dengan non-keypad.