Find Us On Social Media :

Rilis Fitur Baru, Akamai Cloud Tawarkan Video Streaming Kinerja Tinggi, Rendah Biaya

By Liana Threestayanti, Selasa, 9 Mei 2023 | 17:00 WIB

Akamai memperkenalkan kemampuan cloud computing baru untuk video streaming untuk konten yang lebih berkualitas dan lebih personal. (ilustrasi video streaming)

Akamai Technologies (Akamai) memperkenalkan kemampuan cloud computing baru untuk video streaming yang digadang-gadang akan membantu para operator menyajikan konten yang lebih berkualitas dan lebih personal. 

Diumumkan pada ajang NAB 2023, konferensi tahunan National Association of Broadcasters conference, fitur-fitur baru ini disebut Akamai akan membantu operator menekan biaya operasional sekaligus membuatnya lebih terprediksi. Hal ini diharapkan akan sekaligus meningkatkan kemampuan operator dalam melakukan monetisasi terhadap konten video streaming. 

Dalam keterangan tertulisnya, Akamai menjelaskan, bahwa layanan baru ini akan tersedia melalui Akamai Connected Cloud, yaitu platform edge dan cloud terdistribusi yang belum lama ini diluncurkan. Sebagai informasi, melalui platform ini, Akamai menawarkan latensi yang lebih rendah dan kinerja lebih tinggi dalam penyajian dan pengembangan konten. Sementara para operator OTT juga akan memperoleh skalabilitas global dengan biaya yang relatif lebih ekonois dan harga lebih terprediksi. 

Menurut Jon Alexander, Vice President, Product Management, Akamai, Akamai Cloud menyediakan layanan cloud yang unik dalam hal menangani pengembangan, kontrol biaya, dan pengalaman penonton secara keseluruhan.

 “Kami menyediakan serangkaian fungsi komputasi cloud baru yang andal bagi para operator OTT, menyesuaikan skalanya di seluruh platform global, sekaligus mendukungnya dengan beragam layanan pengiriman dan pengamanan konten Akamai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Akamai juga menambahkan beragam use case baru pada layanan serverless, EdgeWorkers. Use case baru ini disebut Akamai akan menjawab kebutuhan personalisasi konten, pengelolaan hak (rights management), dan keamanan video streaming. 

Use case baru ini mencakup di antaranya fitur manipulasi manifes dan playlist yang akan mengurangi persyaratan ruang simpan maupun biaya operator tapi dengan kinerja yang lebih baik bagi pengguna. Dengan kemampuan ini, EdgeWorkers dapat secara dinamis mempersonalisasi elemen file manifes, seperti bitrate ordering, resolution filtering, dan subtitle di edge, yang lebih dekat dengan penonton. 

Fitur baru lainnya adalah replacement program yang memungkinkan operator men-deploy pre-delivery content yang digabungkan untuk video live dan on-demand dengan lebih cepat dan fleksibel. Para operator dapat menyisipkan konten ke stream video berdasarkan kriteria tertentu, misalnya geolokasi user dan waktu. 

Fitur lain akan memungkinkan para operator menelusuri dan melakukan mitigasi terhadap pembajakan secara live (langsung) dan on-demand dengan A/B content watermarking yang mematuhi spesifikasi DASH Industry Forum (DASH-IF) untuk segala teknik watermarking, enkode, dan CDN.

Akamai juga mengumumkan sejumlah solusi mitra baru untuk alur kerja media yang telah disertifikasi dapat dioperasikan dengan Akamai Connected Cloud. Solusi yang ditawarkan  termasuk kompresi video dan pengiriman dari Ateme SA, transcoding video-on-demand berbasis perangkat lunak, pengkodean dan pengemasan dari Capella Systems LLC, dan streaming langsung interaktif dan konferensi video dari LiveKit.