Find Us On Social Media :

Cara Menghapus Akun ChatGPT Secara Permanen Melalui PC/Laptop

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 13 Mei 2023 | 17:15 WIB

Inilah Cara untuk Menghapus Akun ChatGPT dengan Mudah.

ChatGPT menjadi chatbot AI (artificial intelligence) yang banyak digunakan orang-orang pada saat ini.

Chatbot AI yang dikembangkan OpenAI tersebut dapat menanggapi pertanyaan, menghasilkan konten tertulis seperti manusia, menolak permintaan yang tidak tepat, dan lainnya.

Namun dibalik kemampuan canggihnya itu, tim OpenAI akan dapat melihat semua percakapan ChatGPT dan penggunanya untuk meningkatkan sistem mereka.

Dengan fakta tersebut, jika Anda salah satu pengguna ChatGPT, Anda tidak boleh mengungkapkan informasi sensitif saat mengobrol dengan ChatGPT. Jika tidak, privasi Anda mungkin akan bocor.

Untuk pertimbangan keamanan privasi, beberapa pengguna yang khawatir hal tersebut suatu saat terjadi pada mereka akan memilih untuk menghapus akun ChatGPT yang dimiliki.

Bila Anda termasuk yang berpikir untuk menghapus akun ChatGPT yang sudah Anda buat, berikut ini kami akan beberkan langkah-langkahnya.

Sebelumnya perlu dicatat, penghapusan akun ChatGPT akan bersifat permanen sehingga Anda tidak dapat membuat akun lagi di masa mendatang (memakai email atau nomor telepon yang sama).

Penghapusan akun juga bisa dilakukan baik untuk pengguna ChatGPT gratis maupun berbayar (ChatGPT Plus).

Lebih lanjut, berikut ini cara menghapus akun ChatGPT secara permanen melalui PC/laptop. Silakan disimak!

  1. Kunjungi situs web berikut ini: https://chat.openai.com/auth/login. Kemudian, login menggunakan akun yang ingin Anda hapus.
  2. Setelah masuk ke laman utama ChatGPT, klik “Settings” yang ada di bagian pojok kiri bawah.
  3. Pada tab “General”, arahkan kursor ke “Clear all chats” dan klik “Clear” untuk menghapus seluruh riwayat obrolan Anda dengan ChatGPT.
  4. Kemudian pindah ke tab “Data Controls”, arahkan kursor ke “Delete account” dan klik “Delete”.
  5. Lalu akan muncul informasi mengenai hal yang terjadi jika Anda menghapus akun ChatGPT. Jika setuju, lanjut dengan mengeklik “Refresh login”.
  6. Ikuti perintah yang muncul berikutnya di layar dan akun Anda akan diproses untuk dihapus.

Untuk mengetahui bahwa akun ChatGPT sudah terhapus atau belum, Anda akan menerima konfirmasi saat penghapusan akun telah selesai.

Perlu diketahui bahwa mungkin perlu waktu hingga 4 minggu untuk menyelesaikan permintaan penghapusan akun. Oleh karena itu, Anda harus menunggu dengan sabar.

Oh ya, setelah permintaan penghapusan akun diproses, saat Anda mencoba masuk kembali menggunakan akun ChatGPT tersebut maka akan melihat pesan bahwa Anda tidak lagi memiliki akun.

Baca Juga: Ngeri! Malware Jenis Baru Nyamar Jadi ChatGPT Buat Curi Akun Pengguna

Baca Juga: Chatbot Bard AI Pesaing ChatGPT Kini Tersedia di RI, Ini Cara Pakainya