Find Us On Social Media :

Pencapaian IndiHome Paska Pandemi dalam Menyediakan Layanan Internet

By Dayu Akbar, Sabtu, 13 Mei 2023 | 23:30 WIB

IndiHome

Delapan tahun sejak diluncurkan pada tahun 2015, IndiHome telah menyediakan berbagai layanan komunikasi, termasuk internet, bagi konsumen di tanah air. Seperti diketahui, salah satu keunggulan IndiHome yang tidak dimiliki penyedia layanan internet rumahan lain adalah area jangkauan yang tidak terbatas. Hal ini dikarenakan IndiHome menggunakan jaringan Telkom yang menjangkau sebagian besar wilayah di tanah air. Disebutkan bahwa hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.Bisa dibilang, tahun 2022 merupakan tahun kebangkitan IndiHome seiring usainya pandemi Covid-19 karena pertumbuhan yang positif dari semua sisi. Diantaranya adalah pertumbuhan pelanggan baru IndiHome yang terus meningkat dengan bertambahnya jumlah pelanggan yang mencapai lebih dari 550 ribu orang hingga akhir tahun 2022.Secara spesifik, IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 per awal Desember ada di kisaran 9 juta pelanggan.Layanan Lengkap Sesuai KebutuhanSetahun terakhir IndiHome terus berupaya meningkatkan kecepatan internet nasional. Dengan pangsa pasar (market share) internet fixed broadband nasional hingga lebih dari 80 persen, IndiHome terus berupaya meningkatkan peringkat kecepatan internet nasional. Setelah mendongkrak kecepatan internet nasional menjadi 30 mbps per akhir tahun lalu, tahun ini IndiHome menargetkan peningkatan kecepatan internet nasional secara rata-rata mencapai 40 mbps. Dengan beragamnya kebutuhan internet di tanah air, IndiHome dituntut tidak hanya menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi saja. Misalnya saja para gamer yang sangat membutuhkan koneksi dengan latency minim. Begitu pula dengan para streamer yang memiliki kebutuhan ekstra kecepatan di waktu-waktu tertentu untuk meng-upload kontennya.Untuk itu, IndiHome menyediakan beberapa paket pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Mulai dari paket 1P (Internet), 2P (Internet+TV) atau (Internet+Phone), 3P (Internet+TV+Phone), serta paket Gamer.

Masih di tahun yang sama, IndiHome tidak menaikkan tarif layanannya. Disaat pemberlakuan tarif baru dimulai April 2022 lalu, IndiHome justru memberi diskon tarif pasang baru. IndiHome juga rajin memberi promo untuk mendatangkan pelanggan baru. Tidak kurang puluhan promo yang dihadirkan sepanjang tahun 2022 ini seperti promo bulanan, hari nasional Indonesia, dan inisiatif promo seperti dalam merayakan HUT Telkom. Ragam promo yang diberikan pun beragam seperti potongan harga langganan, bebas biaya untuk pemasangan baru, hingga hadiah langsung kepada pelanggan.Dengan harga terjangkau mulai dari Rp280.000/bulan, masing-masing paket menawarkan kuota serta kecepatan yang disesuaikan. Bahkan tersedia pula paket Promo yang menawarkan pilihan lebih menarik dari sisi harga maupun bonus yang diberikan.Rambah Digital EntertainmentJelang pergantian tahun 2022, Telkom Indonesia melalui salah satu produk digitalnya yaitu UseeTV GO melakukan rebranding layanan aplikasi Video Over The Top (OTT) menjadi IndiHome TV. IndiHome TV merupakan layanan aplikasi konten tayangan video berupa ekstensi dari pengalaman menonton IndiHome TV pada layar kaca, yang dapat dinikmati melalui berbagai media seperti smartphone, tablet, dan laptop. IndiHome TV menyediakan berbagai hiburan, informasi, serta lifestyle berupa konten streaming digital, seperti video, movies, live TV, dan TV on Demand (TVOD).

IndiHome TV

Menariknya lagi, di dalam aplikasi IndiHome TV, pelanggan juga dapat mengakses berbagai macam konten premium seperti tayangan live dari pertandingan Sepak Bola Liga 1, berbagai macam kompetisi dan kejuaraan bola basket seperti IBL dan FIBA, BWF dan MotoGP dan lainnya. Pembayarannya pun sangat mudah karena bisa menggunakan berbagai macam pilihan pembayaran digital dan layanan perbankan lainnya. Andil IndiHome juga ditunjukkan dalam memajukan industri musik Indonesia. Salah satunya menjadi sponsor pada gelaran musik bertaraf internasional Everblast Festival 2023 yang menghadirkan grup band papan atas internasional pada 4 - 5 Maret 2023 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Disini pelanggan IndiHome berkesempatan bisa menyaksikan acara tersebut secara gratis dengan mengikuti berbagai kuis yang diadakan di media sosial resmi IndiHome.Penghargaan PrestisiusDengan pengalaman sekitar delapan tahun, di tahun 2023 IndiHome berhasil mendapatkan 2 penghargaan prestisius dari ajang Indonesia WOW Brand 2023 yang diselenggarakan oleh Markplus. Adapun kedua penghargaan Indonesia WOW Brand 2023 yang diraih IndiHome tersebut terdiri pada kategori Internet Service Provider dan Pay TV.Penghargaan ini didapat setelah dilakukan survey kepada 6.548 responden di beberapa kota besar Tanah Air untuk menjaring brand mana saja yang mengadopsi salah satu sistem marketing terunggul yakni konsep pemasaran Prof. Philip Kotler yang dikenal sebagai Father of Modern Marketing.Penilaian juga dilakukan oleh dewan juri yang terdiri praktisi bisnis dari brand terkemuka dan akademisi yang memiliki reputasi terpercaya di bidang bisnis.Target 2023Dengan capaian positif yang diraih serta 9 juta pelanggan, IndiHome secara optimis menargetkan pentumbuhan jumlah pelanggan hingga mencapai 10,2 juta pelanggan di tahun 2023. Optimisme ini bukan sekedar omong kosong. Hal ini berdasarkan data yang menyebutkan bahwa sepanjang Desember (2022) hingga Februari 2023 ada peningkatan jumlah pelanggan baru harian IndiHome.

Jika pada setahun terakhir jumlah penambahan rata-rata pelanggan harian IndiHome berjumlah 3-4 ribu perhari, maka pada dua bulan terakhir tersebut peningkatan jumlah pelanggan baru IndiHome per hari stabil di angka 4.700.

Teknisi IndiHome

Selain peningkatan jumlah pelanggan baru harian, optimisme ini juga diperkuat dengan kajian survey dari McKinsey dan AT Kearney yang memproyeksikan pangsa pasar fixed broadband di Tanah Air baru tergarap 15 persen.Rujukan tersebut menunjukkan potensi ceruk pasar masih sangat luas. Potensi besar tersebut akan menjadi kesempatan sekaligus menjadi tantangan IndiHome. Karena itu untuk bisa mencapai target tersebut, IndiHome memastikan akan terus meningkatkan kinerja, pelayanan, hingga penyajian produknya kepada masyarakat.Penetrasi jangkauan IndiHome yang hingga akhir tahun sudah mencapai 97% nasional misalnya akan terus diperluas hingga bisa mencapai 100 persen menyentuh 415 titik kota/kabupaten. Dari sisi produk juga akan terus diperbanyak sesuai dengan kebutuhan masyarakat ke depannya. Begitu juga kestabilan koneksi yang akan diperkuat dengan teknologi fixed wireless hingga satelit.