Find Us On Social Media :

IBM Luncurkan Platform AI Watsonx untuk Bisnis, Ini Keunggulannya

By Adam Rizal, Senin, 15 Mei 2023 | 11:30 WIB

IBM Watson

IBM meluncurkan platform AI Watsonx yang menyediakan akses layanan mandiri bagi pengguna pebisnis, ilmuwan data, dan pengembang. Watsonx juga dapat membangun dan menyempurnakan machine learning tradisional maupun model dasar yang lebih baru dan menggunakan data sendiri yang lebih aman.

Chairman dan CEO IBM, Arvind Krishna, mengatakan, IBM mengembangkan model dasar AI supaya bisnis bisa menjadi lebih dan membuat penerapan AI secara signifikan lebih terukur, terjangkau, dan efisien.

“Kami membangun IBM Watsonx supaya perusahaan dan kliennya unggul dalam penggunaan AI,” kata Arvind secara daring. 

Berkat IBM Watsonx, kini para pelanggan dapat melatih dan menerapkan kemampuan AI khusus di seluruh bisnis mereka, tapi dengan tetap memegang kendali penuh atas data.

"Saat bisnis berlomba-lomba beradaptasi dengan AI, harus diingat bahwa aplikasi AI untuk konsumen dan bisnis berbeda, terutama dalam hal model dasar dan AI generatif," katanya. 

IBM Watsonx menawarkan solusi dengan menyediakan satu tempat untuk untuk memajukan bisnis memanfaatkan pembelajaran mesin dan inisiatif AI generatif dalam skala besar.

Dengan Watsonx.ai, IBM menempatkan model-model AI generatif yang canggih dan eksklusif di tangan pebisnis. Model-model fondasinya menggabungkan arsitektur terbaik di kelasnya dengan fokus pada akuisisi data, asal-usul, dan kualitas, untuk melayani kebutuhan perusahaan.

Berikut tiga penawaran khusus platform Watsonx dari IBM:

1. IBM Watsonx.ai: Studio perusahaan generasi masa depan yang diharapkan akan tersedia secara umum per Juli tahun ini. Ditujukan bagi para pembangun AI untuk melatih, menguji, menyetel, dan menerapkan kemampuan pembelajaran mesin tradisional dan kemampuan AI generatif baru yang didukung oleh model dasar melalui antarmuka pengguna yang terbuka dan intuitif.

2. IBM Watsonx.data: Penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka yang dioptimalkan untuk beban kerja data dan AI yang diatur, didukung oleh kueri, tata kelola, dan format data terbuka untuk mengakses dan berbagi data. Solusi ini diharapkan akan tersedia secara umum pada Juli nanti.

3. IBM Watsonx.governance: Perangkat tata kelola AI untuk memungkinkan alur kerja AI yang terpercaya. Solusi ini diharapkan akan tersedia secara umum akhir tahun ini.