Find Us On Social Media :

OpenAI Sediakan Lebih dari 70 Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus

By Rafki Fachrizal, Senin, 15 Mei 2023 | 15:15 WIB

OpenAI Hadirkan Fitur Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus.

OpenAI mengumumkan fitur baru di ChatGPT yakni tersedianya plugin untuk para pelanggan ChatGPT Plus. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 70 plugin yang disediakan untuk para pengguna layanan tersebut.

Fitur plugin tersebut diluncurkan setelah melalui serangkaian uji coba dalam versi alpha yang melibatkan pengguna dengan jumlah terbatas. Kini, memasuki versi beta, pengguna layanan ChatGPT berbayar itu sudah bisa menjajalnya.

Kabar tersedianya fitur baru ini diketahui dari posting-an akun resmi OpenAI dengan handle @OpenAI di media sosial Twitter pada Sabtu (13/5/2023).

Selain fitur plugin, dalam posting-an tersebut OpenAI juga turut meluncurkan fitur web browsing (penjelajahan web). Fitur ini memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan pengguna terkait topik atau acara terkini.

“Kami meluncurkan (fitur penjelahan web dan plugin untuk semua pengguna ChatGPT Plus selama seminggu ke depan! Beralih dari alpha ke beta, mereka mengizinkan ChatGPT untuk mengakses internet dan menggunakan 70+ plugin pihak ketiga,” tulis OpenAI dalam postingan-nya tersebut.

Bagi pungguna ChatGPT Plus, pengguna akan otomatis mendapatkan akses ke fitur plugin dengan cara mengaksesnya di tab “Beta features” yang ada di menu “Settings”.

Fitur plugin sendiri menawarkan berbagai fungsi, termasuk penguraian konten situs web, visualisasi dan analisis data, dan bahkan bantuan pembelajaran bahasa, sebagaimana dikutip dari Gizmochina.

Para pengguna ChatGPT Plus diperbolehkan untuk meng-install plugin sebanyak yang mereka inginkan. Dengan catatan, maksimal hanya tiga Plugin yang dapat digunakan secara sekaligus.

Salah satu contoh Plugin yang tersedia yaitu “ndricks Sports”, yang memungkinkan pengguna menemukan dan menyusun berita dan informasi seputar olahraga yang relevan secara cepat dan mudah.

Plugin lainnya seperti, "AskYourPDF” dan "ChatWithPDF" memungkinkan pengguna memberikan URL dokumen PDF untuk diuraikan oleh ChatGPT. Namun, plugin ini sangat khusus tentang URL apa yang dapat dan tidak dapat diterima, dan plugin ini tidak menerima file lokal dari perangkat PC/laptop Anda.

Tertarik untuk mencoba dua fitur baru ChatGPT tersebut? Jika iya, Anda bisa berlangganan ChatGPT Plus yang dipatok biaya US$20 (sekitar Rp300 ribu) per bulannya.