Find Us On Social Media :

Broom.id Berdayakan Industri Showroom Mobil Bekas Secara Digital

By Dayu Akbar, Jumat, 26 Mei 2023 | 13:15 WIB

Broom.id, startup digital otomotif ekosistem showroom mobil bekas, meluncurkan bursa mobil BroomHive pertamanya di Indonesia. Lewat peluncuran Broomhive, startup yang baru-baru ini meraih pendanaan Pra-Seri A mampu meningkatkan peluang showroom agar dapat semakin terhubung dengan konsumen sehingga perputaran transaksi juga semakin lebih cepat. Berdiri di area seluas 9.280 m² di area Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, kehadiran BroomHive akan memudahkan konsumen untuk mengakses berbagai pilihan mobil bekas yang dipasarkan oleh lebih dari 5000 mitra showroom Broom yang tersebar di Jabodetabek, maupun beberapa kota di pulau Jawa seperti Jogja, dan Surabaya.Di saat yang sama, BroomHive juga memperkuat komitmen Broom dalam memberdayakan industri showroom UMKM mobil bekas yang selama ini operasionalnya belum banyak tersentuh teknologi di Indonesia.BroomHive merupakan bursa mobil bekas terintegrasi yang menjembatani ribuan showroom di Indonesia dalam satu platform. Dirancang khusus dengan mengimplementasikan teknologi yang mensinergikan ekosistem showroom otomotif di Indonesia, Broom melalui Bursa Mobil BroomHive menawarkan mobil bekas berbagai kondisi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui BroomHive, konsumen tidak perlu berkeliling dari satu showroom ke showroom lain saat mencari mobil bekas yang diinginkan. Konsumen dapat dengan mudah mengakses mobil bekas dari seluruh mitra showroom Broom secara online maupun datang secara langsung ke bursa mobil BroomHive.

“Setiap konsumen mempunyai preferensi yang berbeda-beda saat mencari mobil bekas, dan seringkali keterbatasan akses, informasi, maupun ragam pilihan mobil bekas masih menjadi kendala. Belum lagi ditambah ketidakcocokan dari faktor harga, ataupun khawatir terhadap legalitas dan keaslian surat-surat kendaraan,” ujar Claussen Sindhuwinata, COO Broom.“Problematika inilah yang dijawab oleh BroomHive, karena BroomHive satu-satunya bursa mobil bekas terintegrasi yang menyediakan mobil bekas dalam berbagai merk, tahun, kondisi, maupun harga dari beribu mitra showroom Broom di Indonesia,” lanjutnya.Ketika mengakses mobil melalui BroomHive, konsumen akan mendapatkan informasi dari ribuan mobil bekas secara transparan, termasuk informasi harga yang sesuai dengan kondisi mobil tersebut.

Hal ini akan sangat membantu konsumen, karena melalui BroomHive, konsumen dapat dengan mudah mencari secara spesifik merk, tipe, tahun pembuatan, ataupun kondisi mobil yang diinginkan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. BroomHive juga menyediakan dua opsi pembayaran yang dapat dipilih oleh konsumen, baik secara tunai maupun menggunakan skema leasing.BroomHive juga menawarkan proses jual-beli mobil bekas lewat konsep titip jual. Hal ini mampu menghubungkan ekosistem para pelaku usaha, sehingga membuat proses jual beli mobil bekas menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Selain itu, para mitra showroom Broom mendapatkan dukungan yang menyeluruh untuk mengatasi persaingan yang ketat, mengurangi beban operasional, dan menjangkau market yang lebih luas.