Find Us On Social Media :

Daftar HP Murah Terlaris di Indonesia, Samsung dan Infinix Mendominasi

By Adam Rizal, Sabtu, 27 Mei 2023 | 09:00 WIB

Samsung Galaxy A04

Smartphone yang murah meriah selalu menarik perhatian pengguna di pasar karena HP murah mendominasi pasar.

Firma riset Counterpoint Research melaporkan pasar smartphone entry-level alias ponsel murah dengan rentang harga Rp1 juta-Rp3 jutaan di Indonesia meningkat, tumbuh 2,7 persen secara year over year (YoY)/dari tahun ke tahun pada kuartal I-2023.

Samsung dan Infinix adalah aktor utama dibalik naiknya pengiriman ponsel murah di Indonesia. Pengiriman HP Samsung Galaxy kelas entry-level meningkat 18,7 persen pada kuartal I-2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Samsung Galaxy A04 series yang terdiri dari Galaxy A04, Galaxy A04s, dan Galaxy A04e menjadi HP murah terlaris di pasar saat ini. Samsung Galaxy A04 series dijual dengan rentang harga Rp1,3 - 2,1 juta.

Pengiriman HP Infinix kelas entry-level meningkat 44,6 persen pada kuartal I-2023 dengan kontribusi terbesar datang dari Infinix Hot 12, Infinix Hot 20, dan Infinix Note 12. Ketiga HP Infinix tersebut memiliki kapasitas RAM 8 GB dan dijual dengan rentang harga Rp 2 juta-Rp 3 juta di Indonesia.

Salah satu daya tarik utama smartphone entry-level Infinix adalah kapasitas RAM atau penyimpanan yang lebih besar dibandingkan kompetitor lainnya.

Oppo Memimpin

Counterpoint mengungkapkan Oppo memimpin sebagai vendor nomor satu di Indonesia dengan pangsa pasar (market share) sebesar 22,9 persen. Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 18,2 persen.

Vivo, Realme, dan Xiaomi melengkapi lima besar dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 17,3 persen, 13 persen, dan 11,8 persen. Vivo dan Xiaomi tercatat sebagai vendor dengan penurunan shipment paling besar di antara vendor lainnya.