Find Us On Social Media :

Kini Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy Tak Lagi Spesial untuk Samsung

By Adam Rizal, Minggu, 28 Mei 2023 | 11:30 WIB

Resmi Meluncur, Apa saja Keunggulan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2?

Digital Chat Station melaporkan kini prosesor Snapdragon 8 Gen 2 tidak lagi spesial untuk smartphone Samsung Galaxy karena pabrikan smartphone lainnya seperti ASUS, OnePlus, Redmagic, dan Xiaomi akan memperoleh akses ke chip tersebut pada paruh kedua tahun ini.

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy milik Samsung Galaxy S23 menawarkan CPU 5 persen lebih cepat dan GPU 5,75 lebih cepat serta pemrosesan AI yang lebih baik dibandingkan dengan chip Snapdragon 8 Gen 2 standar.

Selain itu, pabrikan smartphone lainnya akan memasang Snapdragon 8+ Gen 2 ke dalam smartphone flagshipnya. Versi Snapdragon 8 Gen 2 yang ditingkatkan ini menjanjikan kinerja yang lebih baik, namun dengan harga yang lebih tinggi seperti dikutip Gizmochina.

Snapdragon 8+ Gen 2 saat ini sedang diuji oleh merek-merek China terkemuka, termasuk Xiaomi, realme, OPPO, dan iQOO.

Rumor menyebutkan iQOO 11s, yang diperkirakan akan debut pada Q3 2023, menjadi ponsel pertama yang ditenagai Snapdragon 8+ Gen 2.

Sayangnya, detail mengenai konfigurasi spesifik Snapdragon 8+ Gen 2 saat ini belum tersedia.

Namun, laporan mendatang diharapkan dapat menjelaskan lebih banyak tentang kemampuan dan fitur yang ditawarkan chipset.

Keunggulan

Saat ini Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 menjadi prosesor paling powerful yang ada di pasar sekarang. Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 memiliki kemampuan dan performa untuk mengalahkan A17 Bionic milik Apple.

Reviewer @GoldenReviewer pun menguji performa Snapdragon 8 Gen 2 milik Xiaomi 13. Hasilnya, prosesor itu jauh lebih bertenaga ketimbang adiknya Snapdragon 8 Gen 1 ataupun Snapdragon 8+ Gen 1.

Performa Snapdragon 8 Gen 2 meningkat 10 persen tetapi running speed core Snapdragon 8 Gen 2 masih sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1. Meskipun peningkatannya hanya 10 persen secara keseluruhan, tetapi efisiensi core besar diklaim setara dengan Snapdragon 8+ Gen 1.

Kekuatan Core A715 Snapdragon 8 Gen 2 lebih baik dibandingkan Core A71 yang ada di prosesor sebelumnya. Snapdragon 8 Gen 2 memiliki performa signifikan ketimbang generasi sebelumnya, bahkan dianggap setara A16 Bionic.

Bocoran terbaru mengatakan Apple segera meluncurkan prosesor A17 Bionic tetapi prosesornya bakal lebih fokus ke efisiensi baterai. A17 Bionic juga akan membawa fabrikasi 3nm dan menyebabkan kalau prosesor itu makin boros karena mengkonsumsi daya baterai 35 persen lebih tinggi.