Find Us On Social Media :

Zurich Indonesia Rilis Teknologi AI untuk Pembuatan Polis Kendaraan

By Rafki Fachrizal, Selasa, 30 Mei 2023 | 11:55 WIB

Zurich Asuransi Indonesia.

PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) berkolaborasi dengan CamCom Technology Pvt Ltd (CamCom), sebuah perusahaan survei visual, untuk meluncurkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu proses penilaian (survei) kendaraan dalam pembuatan polis asuransi kendaraan.

Proses survei kendaraan itu sendiri diperlukan dalam membuat polis asuransi untuk mobil bekas atau yang tidak baru keluar dari dealer.

Umumnya, proses tersebut dilakukan secara manual. Namun dengan teknologi AI, agen dan surveyor kini dapat melakukannya secara otomatis dalam melengkapi proses survei kendaraan untuk memberikan laporan pemeriksaan yang lebih akurat.

Sehingga, memungkinkan ZAI dapat memberikan nilai perlindungan yang sesuai, lebih cepat, lebih akurat, dan meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Dengan teknologi ini, nasabah juga dapat memperoleh polis di hari yang sama.

Edhi Tjahja Negara, CEO Zurich Asuransi Indonesia mengatakan, “Kami memahami bahwa kecepatan dan ketepatan layanan menjadi faktor penting bagi nasabah untuk asuransi kendaraan. Pengembangan ini menunjukkan komitmen ZAI dalam memperkuat pelayanan nasabah berbasis digital, agar lebih seamless, praktis dan efisien bagi nasabah.”

Sementara, Mahesh Subramanian, Co-founder & COO CamCom Technology Pvt Ltd menyampaikan, “Kami bangga dipilih sebagai mitra utama untuk pengembangan teknologi AI oleh salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.”

“Kami memahami bahwa Indonesia adalah pasar besar untuk kendaraan mobil dan percepatan digitalisasi sangat diperlukan untuk merangkul permintaan yang terus bertumbuh. Kami optimis teknologi AI ini akan semakin mengoptimalkan layanan ZAI ke depan,” sambungnya.

Teknologi ini tersedia untuk seluruh kendaraan roda empat dan dapat dipergunakan untuk melakukan penilaian kendaraan yang tersedia pada beberapa agen yang sudah ditunjuk ZAI yang dapat dilihat di situs web https://portalmv.zurich.co.id/.

Baca Juga: Teknologi AI Bantu Peneliti Temukan Obat Buat Lawan Superbug Mematikan