Find Us On Social Media :

Gandeng Akamai, CDT Sediakan Solusi Digitalisasi Komprehensif

By Liana Threestayanti, Kamis, 1 Juni 2023 | 16:50 WIB

CDT bermitra dengan Akamai untuk menyediakan solusi komprehensif yang dapat mempercepat transformasi digital bagi bisnis di Indonesia. (Ilustrasi transformasi digital)

Penyedia solusi digital  PT Central Data Technology (CDT) bermitra dengan Akamai Akamai Technologies Inc., untuk menyediakan solusi komprehensif yang dapat mempercepat transformasi digital bagi bisnis di Indonesia.

Solusi yang ditujukan untuk semua perusahaan, mulai dari start-up hingga enterprise, termasuk keamanan aplikasi & API, microsegmentation, zero trust, dan solusi cloud

Langkah kemitraan ini tak lepas dari tren transformasi digital yang diikuti pesatnya perkembangan transaksi digital di Indonesia. 

Menurut laporan dari Google, Temasek, and Bain & Company (2022), Indonesia mengalami pertumbuhan industri digital secara signifikan dari US$41 miliar pada 2019 menjadi US$77 miliar pada 2022. 

Namun peningkatan bisnis digital ini juga diiringi oleh peningkatan serangan siber yang perlu menjadi perhatian perusahaan. Menurut Akamai’s H1 Ransomware Threat Report — APJ Deep Dive, wilayah Asia-Pasifik dan Jepang (APJ) mengalami lonjakan serangan siber sejak awal pandemi COVID-19.Organisasi di semua industri, 80 persen lebih mungkin menjadi target serangan siber di APJ daripada di wilayah lain secara global. 

Ransomware menjadi jenis serangan teratas di kawasan ini. Indonesia juga menjadi salah satu dari lima negara dengan jumlah serangan siber ransomware Conti terbanyak di APJ. Australia menempati urutan teratas dengan 45 persen, diikuti oleh India dan Indonesia.

“Dengan kolaborasi ini, kami menggabungkan produk dan layanan inovatif dari Akamai dengan keunggulan CDT dalam hal keahlian teknis dan pemahaman akan kebutuhan pelanggan di Indonesia. Melalui kerjasama ini kami ingin membantu bisnis mengatasi berbagai tantangan terkait peningkatan kebutuhan untuk menghadirkan Enterprise Business Application dengan keamanan yang lebih baik,” ujar Lugas Satrio, selaku Presiden Direktur CDT.

“Kami percaya bahwa dengan menghadirkan solusi digital yang handal dan terjangkau, kami dapat membantu bisnis digital berkembang dan bersaing di pasar global. Kerjasama dengan CDT akan memastikan kualitas dukungan terhadap produk dan layanan inovatif Akamai kepada perusahaan di Indonesia dalam upayanya mengakselerasi bisnis digital mereka,“ ujar Pratyush Raj, Director of Partnerships Akamai Technologies.

Dalam kemitraan ini Akamai akan menyediakan platform Connected Cloud yang menggabungkan tiga komponen, yaitu cloud, security dan CDN. Akamai saat ini memiliki 4.300 point of presence (PoP) yang tersebar di kurang lebih 134 negara sehingga menempatkan layanan cloud, storage, database, dan layanan penting lainnya lebih dekat dengan populasi yang tinggi, industri, dan pusat teknologi informasi. 

Menurut Pratyush Raj, melalui platform Connected Cloud, pengguna dapat mengembangkan bisnis digital dengan lebih cepat dan aman yang didukung oleh keahlian Akamai dalam cyber security, seperti keamanan App & API, ZeroTrust dan proteksi DDoS. 

Sedangkan CDT, yang merupakan anak perusahaan CTI Group, akan menyediakan solusi dan layanan yang komprehensif, mulai dari konsultasi hingga implementasi dan lainnya. Lugas Satrio menyampaikan bahwa CDT memiliki tim ahli yang berpengalaman, profesional, dan bersertifikat mendukung transformasi digital pelanggan.