Find Us On Social Media :

Hands-on Redmi Note 12 Pro: Tiga Jutaan dengan AI Camera 108MP

By Dayu Akbar, Jumat, 2 Juni 2023 | 07:00 WIB

Redmi Note 12 Pro

Setelah Redmi Note 12 dan redmi Note 12 Pro 5G meluncur lebih dahulu pada April 2023, Xiaomi akhirnya meluncurkan varian lain dari seri tersebut yaitu Redmi Note 12 Pro. Sebagai bagian dari Redmi Nore 12 Series, smartphone ini jadi pilihan bagi pengguna yang ingin mendapatkan spesifikasi lebih tinggi dibanding Redmi Note 12 namun masih menginginkan konektivitas 4G. Ini merupakan pilihan wajar mengingat konektivitas 5G masih sangat terbatas.Desain

Menyasar kelas menengah, Redmi Note 12 Pro hadir dengan desain premium. Hal ini terlihat pada bagian belakangnya yang memiliki desain flat pada bagian depan dan belakang. Bagian belakangnya menggunakan bahan kaca dengan finishing matte. Posisi kamera berada dalam satu frame di pojok kiri atas yang terdiri dari satu lensa besar dan empat lensa kecil. Khusus untuk pasar Indonesia, pilihan warnanya ada dua yaitu Glacier Blue dan Graphite Gray.

Bagian layarnya memiliki desain punch hole untuk kamera depan. Sisi kanan terdapat tombol Power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, serta tombol Volume. Sisi bawah terdapat port USB type-C, speaker, serta slot kartu secara hybrid. Untuk sisi atas terdapat sensor infra red, speaker dan jack audio 3.5mm. Sementara dimensinya memiliki ketebalan 0,8 cm serta bobot 201 gram.  

LayarUntuk layarnya, Redmi Note 12 Series memiliki ukuran sama yaitu 6,67 inci serta resolusi FHD+ atau 2400 x 1080. Untuk seri Pro ini memiliki panel AMOLED, refresh rate 120Hz, DCI-P3 wide color gamut, tingkat brightness 1100 nits, dan dukun Dolby Vision. Layar ini cocok untuk menonton konten multimedia, bermain game, dan melakukan multitasking.

KameraRedmi Note 12 Pro mengusung AI quad camera dengan konfigurasi kamera utama 108MP pro-grade, 8MP kamera ultra-wide, 2MP kamera makro, dan 2MP depth sensor, yang memberikan hasil foto berkualitas tinggi dan memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai gaya fotografi. Untuk selfie dan panggilan video, kamera depannya hadir dengan resolusi hingga 16MP. Sedangkan untuk pecinta sinematografi, Redmi Note 12 Pro juga sudah dilengkapi dengan kualitas video beresolusi hingga 4K 30fps, memungkinkan pengguna untuk merekam momen-momen spesial dengan kualitas yang sangat tajam dan detail yang luar biasa. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghasilkan video berkualitas profesional dan menggali kreativitas dalam sinematografi.

Spesifikasi

Jika versi 5G-nya menggunakan SoC MediaTek Dimensity 1080, maka Redmi Note 12 Pro versi 4G ini menggunakan SoC Snapdragon 732G dengan fabrikasi 8nm. Prosesor ini memberikan kecepatan dan efisiensi energi yang optimal untuk menjalankan aplikasi dan melakukan aktivitas digital harian dengan lancar dan responsif. Redmi Note 12 Pro hadir dengan dua varian kapasitas penyimpanan, yaitu LPDDR4X RAM 6 GB dengan media penyimpanan 128 GB dan RAM 8 GB serta penyimpanan 256 GB. Pilihan ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara dukungan kapasitas maksimal untuk memoeri eksternalnya mencapai 1 TB.

Kapasitas baterai yang diberikan yaitu 5000 mAh yang menjadi standar di kelas menengah. Daya tahannya bisa digunakan seharian untuk aktivitas pengguna yang sibuk. Xiaomi memberikan dukungan terhadap teknologi pengisian baterai cepat 67 watt guna mengisi daya baterai dalam waktu singkat. Dalam penjualannya, Xiaomi sudah menyertakan adaptor 67 watt beserta dengan kabel USB type-C.

Fitur

Agar performa tetap stabil dan lancar, Xiaomi telah menyematkan teknologi LiquidCool berupa heatpipe dan teknologi pendinginan multi-layer graphite sheets untuk efisiensi termal maksimum. Kombinasi ini akan memberikan keseimbangan antara kinerja dan kontrol suhu sehingga aman saat smartphone dalam kondisi beban tinggi atau ketika digunakan dalam waktu lama.Smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti dual speakers dengan menghadirkan suara yang jernih dan lebih luas, sensor infrared untuk fungsi remote control perangkat elektronik, sensor sidik jari di samping, AI face unlock, memori penyimpanan berjenis UFS 2.2 yang memiliki kecepatan baca dan tulis lebih kencang, serifikasi IP53, serta dukungan NFC untuk transaksi digital.

Harga dan KetersediaanRedmi Note 12 Pro dijual secara online dan offline. Untuk online melalui program early bird mulai dari 31 Mei hingga 6 Juni, varian 6GB+128GB dijual seharga Rp3.399.000 dan varian 8GB+256GB seharga Rp3.899.000. Sedangkan penjualan offline harganya masing-masing lebih mahal Rp100.000. Untuk platform online penjualan tersedia di Xiaomi Official Store Lazada, dan Mi.com, sedangkan penjualan offline tersedia di toko resmi Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone.