Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Jaga Keamanan Online, Ini Manfaat Lain Password Manager

By Liana Threestayanti, Senin, 5 Juni 2023 | 15:30 WIB

Terkadang kita sulit mengingat password dan memasang password manager. Apa manfaat dan apakah aman menggunakan password manager?

Dengan banyaknya akun layanan online yang kita miliki, terkadang kita sulit mengingat password untuk mengakses akun tersebut dan kita pun memasang password manager. Apa manfaat dan apakah aman menggunakan password manager?

Pengguna internet saat ini mau tak mau harus mengingat password pribadi yang jumlahnya mungkin lebih dari satu untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti memeriksa email dan login ke rekening bank. 

Dikutip dari Business News Daily, perusahaan keamanan NordPass membeberkan bahwa user rata-rata mempunya 70 sampai 80 password yang terkoneksi dengan akun bisnis maupun pribadi. Hal ini tidak hanya menyulitkan user tapi juga berpotensi mendatangkan risiko pada bisnis. 

Salah satu bantuan yang dapat kita gunakan adalah memanfaatkan password manager. Para pakar cyber security VPNOverview.com menyampaikan bagaimana password manager dapat membantu menjaga keamanan online dan bagimana memilih pasword manager yang tepercaya. 

Hanya Mengingat Satu Password 

Memiliki banyak akun di beberapa website dan platform adalah hal yang lumrah di era digital. Dan untuk setiap akun yang kita buat, kita harus membuat password untuk mengakses data di akun tersebut agar terhindar dari aksi para peretas. Artinya, kita harus memiliki dan mengingat banyak password karena menggunakan satu password untuk banyak akun juga berpotensi mendatangkan risiko cyber security. 

Salah satu cara yang digunakan banyak orang saat ini adalah memanfaatkan password manager untuk menyimpan dengan aman semua password tersebut di password vault. Ketika kita memasang satu password manager, maka kita hanya perlu mengingat satu kata sandi saja yaitu master password. Kata sandi master ini akan memberi kita akses ke tiap password yang kita simpan dalam password manager.  

Keuntungan Menggunakan Password Manager 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, password manager membantu kita mengingat semua password yang kita gunakan untuk mengakses website dan platform online. Namun bukan hanya itu kegunaan password manager. Aplikasi ini juga akan membuat sistem lebih aman dan efisien. Inilah beberapa alasannya, menurut VPNOverview:

Apakah Password Manager Aman?

Penggunaan password manager ditujukan untuk meningkatkan keamanan online pengguna. Namun tak sedikit user yang menyangsikan keamanan password manager. Setiap orang yang menghabiskan banyak waktunya untuk aktivitas online disarankan untuk memasang password manager sehingga mereka dapat menjaga semua password dan informasi sensitif miliknya.

Namun, menurut para ahli cyber security VPNOverview, tidak semua password manager seratus persen aman. Pilih yang tepercaya karena aplikasi ini akan memiliki akses ke semua password milik kita.

Ada saja pihak yang memproklamirkan diri sebagai password manager yang kemudian menyalahgunakan kepercayaan dan malah mengambil data pribadi pengguna. Dan yang lebih parah jika data pribadi tersebut justru digunakan untuk menyerang user. 

Ada pula password manager yang memang tidak aman dan dapat dengan mudah disusupi peretas. Padahal mereka memang benar-benar menawarkan layanan pengelolaan password, tidak bermaksud jahat. Namun jika password manager ini memang tidak mampu menjaga keamanan informasi, pengguna jangan mengambil risiko dengan tetap menggunakan aplikasi password manager tersebut.